Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2013, 17:24 WIB

KOMPAS.com - Setiap orang ingin tampil modis, tapi seringkali tidak menemukan busana yang pas. Ada yang merasa busana yang dipakai membuatnya terlihat tua, tidak match, atau terlalu norak. Bagaimana menyiasatinya?

Jenny Yohana Kansil, direktur sekolah mode Istituto di Moda Burgo Indonesia, menyarankan agar Anda tampil modis dengan ciri khas masing-masing.

"Fashion adalah statement, apa yang dipakai menentukan karakter diri sendiri. Oleh karenanya memilih busana mestinya mengenal diri sendiri dulu," ungkapnya saat talkshow "Create the New You" di Istituto Italiano di Cultura, Jakarta, Sabtu (27/4/2013) lalu.

Jenny menuturkan bahwa cara seseorang berpakaian sebenarnya juga turut menentukan kesuksesan. Ketika kita berbusana dengan baik, hal itu bisa menjadi salah satu faktor untuk tampil percaya diri.

Lalu, bagaimana bisa tampil modis? Alvin Dwipayana, fashion editor majalah InStyle Indonesia, dan Paula Meliana dari sekolah tata rias Eva Bun Academy berbagi kiat praktisnya.

"Yang utama dalam berbusana adalah mengenal dulu bentuk tubuh, tinggi, serta warna kulit," ujar Alvin.

Misalkan ada tipikal yang tahu kalau dirinya dalam memilih busana tidak mau menonjolkan pinggul yang besar, maka koleksinya adalah baju longgar. Agar tidak monoton atau membosankan, lakukan padu padan dengan busana yang lain.

Lalu, pilih dress yang sesuai dengan bentuk tubuh. Warna putih adalah warna netral, dan bisa dikombinasikan dengan apa saja. Ada baiknya juga punya minimal satu LBD (little black dress) yang bisa dikenakan ke acara formal maupun kasual.

"Untuk pilihan aksesori, yang paling aman adalah gold dan silver, yang bisa fleksibel dengan jenis baju apa saja," tambahnya.

Mahasiswa dan dosen jelas berbeda dalam hal berbusana. Mahasiswa bisa tampil sebagai diri sendiri, misalkan memakai dress, yang pas padu padannya dengan sepatu dan tas, dilengkapi aksesori yang simpel. Sedangkan pengajar atau dosen bisa memakai gaun A-line agar lebih nyaman, atau celana dengan sepatu berhak. Kalau mau pakai kemeja, tambahkan sedikit aksesori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com