Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2013, 21:52 WIB

KOMPAS.com - Keramahtamahan yang dimiliki bangsa Indonesia seharusnya bisa nilai tambah dalam hal jasa pelayanan (service). Sayangnya, hal ini masih dianggap tak penting alias remeh oleh banyak perusahaan di Indonesia.

Keprihatinan terhadap rendahnya kualitas servis dan keramahan pelayanan ini menggelitik Cyltamia Irawan untuk mengetahui lebih dalam berbagai penyebabnya. Untuk itu ia mengumpulkan berbagai bahan dari rekan dan koleganya, dan menyusun sebuah buku tentang servis yang diberi nama Service Flavours: Customer's Experiences, Customer's Thought.

"Buku ini bertujuan untuk membantu para pengusaha pemberi servis, perusahaan kecil sampai besar, dan juga semua orang untuk meningkatkan pelayanan mereka. Berbagai kisah servis di dalam buku ini diharapkan bisa memberikan banyak rasa yang menyenangkan untuk dibaca dan menggugah selera peningkatan kualitas diri dan organisasi," ungkap Cyltamia kepada Kompas Female, saat peluncuran bukunya di Kinokuniya, Plaza Senayan, Selasa (30/4/2013) lalu.

Buku setebal 183 halaman ini dikemas dengan gaya bercerita yang ringan dan menarik seperti novel remaja. Perempuan yang disapa Mia ini mengungkapkan bahwa bukunya merupakan kumpulan cerita nyata teman-teman dan dirinya sendiri seputar pengalaman servis yang pernah didapatkan, baik yang memuaskan atau menyebalkan.

Tak cuma berisi kisah seputar kekecewaan atau perlakuan menyenangkan saat dilayani, Mia juga menyisipkan beberapa bab yang berisi tentang keinginan konsumen untuk mendapatkan  pelayanan yang memuaskan di Indonesia.   

Mia percaya bahwa servis yang memuaskan di berbagai perusahaan, akan berdampak positif untuk meningkatkan pendapatan dan kesuksesan bisnisnya. Selain itu, mantan penyiar radio ini juga percaya bahwa servis yang baik bisa memberi nilai tambah pada usaha Anda.

"Karena servis adalah cita rasa, yang membedakan Anda dari pesaing bisnis Anda, mencipta kenangan abadi dalam benak customer, menggugah selera untuk membeli dan selalu kembali," tulis perempuan lulusan Universitas Padjadjaran Bandung ini dalam bukunya.

Mia berharap buku ini bisa membuat Anda bercermin saat membacanya.

"Melalui buku ini saya berharap, semua pihak penyedia servis bisa memberikan pelayanan yang memuaskan untuk semua konsumennya. Dan pada akhirnya bisa membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang punya servis paling memuaskan dan ramah," harapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com