Jumat, 31 Oktober 2014
Jangan Makan Ini Saat Haid
Sabtu, 4 Mei 2013 | 15:29 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Makanan gorengan meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh, sehingga perubahan ini menimbulkan rasa kram dan nyeri pada rahim.

KOMPAS.com - Pada saat haid, nafsu makan bisa meningkat. Menurut penelitian, saat memasuki fase haid atau dua minggu sebelum haid datang, perempuan mengonsumsi karbohidrat 15 persen lebih banyak. Sehingga di saat rentan ini sebaiknya menghindari makanan berkalori tinggi. Selain itu ada beberapa makanan yang perlu dihindari saat haid, karena akan memperparah gejala PMS (pre menstrual syndrome).

1. Produk susu. Kandungan asam arachadoniknya bisa meningkatkan produksi prostaglandin yang bila dilepaskan ke rahim akan menyebabkan kram perut.

2. Gorengan. Makanan berkadar lemak tinggi ini (bayangkan minyak yang diserap gorengan ini) meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh, sehingga perubahan ini menimbulkan rasa kram dan nyeri pada rahim.

3. Cokelat. Kandungan kafein pada cokelat bisa membuat pembuluh darah menyempit, akibatnya bisa sakit kepala, serta menimbulkan kegelisahan.

4. Makanan olahan. Kandungan natriumnya yang tinggi bisa menyebabkan kembung dan dehidrasi.

(CHIC/Erika Paula)

Baca juga:
3 Masalah Seputar Pemakaian Pembalut
Makanan Pereda Nyeri Haid
Pembalut Bekas Pakai Tak Perlu Dicuci?
12 Pertanyaan Terpopuler Soal Haid
Siapa Bilang Tak Boleh Makan Gorengan?
Siasat Sehat Makan Gorengan

 


Editor :
Dini
BERITA LAIN: