Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/05/2013, 22:54 WIB

KOMPAS.com - Ingin melihat koleksi busana dan aksesori dari karya-karya muslimah muda kreatif, semua ada di butik Ria Miranda yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan. Sebuah gebrakan baru bagi Ria Miranda setelah punya 13 butik yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Inilah yang menjadi pembeda butik desainer ini dengan yang sebelumnya sudah dibuka, dari House of Ria Miranda menjadi Ria Miranda Kemang – Muslim Fashion House. Di dalamnya selain koleksi Ria sendiri, juga ada tujuh brand busana muslimah lain serta lima koleksi aksesori.

“Ini bukan sekadar butik biasa, di dalamnya 80 persen busana, 20 persen aksesori, dan selain jualan koleksi kami juga membuka kelas kreatif,” ujar Ria, di sela peresmian pembukaan butiknya yang berlokasi di Jalan Kemang Raya No 27 C lantai 2, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2013).

Adapun brand yang hadir di butiknya, yakni Casa Elana, Kami Idea, Dear, None Clothing, Miss Marina, I.K.Y.K, serta Meisje by Tantri Ayunita. Untuk aksesori ada LovelyJars, Alika Accs, MissMarina Accs, Shotistic Shoe, dan Hijabox.

Kelas kreatif yang dimaksud Ria adalah kelas desain dan aksesori yang digelar rutin setiap bulannya. Dengan adanya kelas kreatif ini maka para pelanggan tidak sekadar berbelanja tapi kemudian juga bisa mendesain sendiri atau mencipta kreasinya sendiri.

Di butik dengan luas 5 x 13 meter ini, Ria Miranda menghadirkan busana siap pakai untuk remaja dan anak-anak. Casa Elana juga mengusung ready to wear dengan clean cut pilihan warna cerah.

Kami Idea, brand muslim yang identik dengan syal tie dye di butik ini menjajaki busana ready to wear. Motif desainnya sedang digemari anak-anak muda karena chic. Sementara itu, Dear sebagai brand baru khusus memamerkan busana pesta, couture, dan kaya akan detail.

None Clothing menghadirkan koleksi yang bernuansa edgy ready to wear dan berwarna bold. Missmarina selain aksesori juga merambah busana siap pakai yang unik pada teknik penerapan motif batik pada kain.

I.K.Y.K yang juga bisa ditemui di Goods Dept, adalah brand yang khusus memberi warna baru pada segmen busana muslim yang disebut-sebut mulai merambah market Jepang. Sedangkan Meisje by Tantri Ayunita kuat dengan vintage old style.

Dalam jajaran aksesori, Lovelyjars menyediakan desain toples cantik yang juga senada dengan semangat warna pastel. Alika Accessories membuat aksesori khusus untuk ibu dan anak yang sebelumnya pernah berkolaborasi dengan Ria Miranda untuk seri Minang Heritage headband for kids. Hijabox menghadirkan aksesori yang bernuansa feminin dan edgy. Shotistic menjadi satu-satunya lini untuk sepatu yang ada di butik ini.

“Koleksi busana dan aksesori yang beragam menjadi pilihan yang terbuka buat siapa saja,” ujar Ria sumringah.

Dari ceritanya, Ria menemukan beberapa muslimah muda kreatif di butiknya ini secara tidak sengaja di Instagram. Seperti bertemunya dia dengan Alifa yang membuat desain toples Lovelyjars. Awalnya, Ria suka dengan desain unik Lovelyjars. Siapa mengira kalau yang berada di balik layarnya juga berjilbab.

Maka, mereka kompak berkarya di butik ini untuk kemudian membuka kelas kreatif. Hasilnya, daftar kelas kreatif menjadi semakin beragam, di antaranya, fashion design class dengan Ria Miranda, handicraft class dengan Lovelyjars, seminar edukatif dengan Casa Elana, entrepreneur sharing class dengan MissMarina, serta beauty & health by Hijabox.

“Visi kita tidak hanya menjadi butik yang menjual koleksi busana dan aksesori, tapi juga untuk edukasi dan memberdayakan perempuan muda,” tutup Ria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com