Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2013, 10:23 WIB

KOMPAS.com -  Ritual merias wajah pasti dilakukan perempuan setiap pagi sebelum beraktivitas. Biasanya ritual make-up ini dimulai dengan membersihkan wajah, mengoleskan serum, moisturizer, foundation, dan lain-lainnya.

"Semua produk skincare ini diaplikasikan secara bertahap di wajah sampai merata," ungkap dr Amaranila L. Drijono, SpKK, saat peluncuran Moisture White Shiso BB Serum Inside di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (7/5/2013) lalu.

Mengaplikasikannya secara bertahap akan memaksimalkan bahan aktif pada produk tersebut untuk meresap ke wajah. Namun karena dioleskan secara satu per satu, pengaplikasian skincare ini akan menghabiskan waktu yang cukup lama. Untuk menghemat waktu, biasanya Anda langsung "menumpuk" skincare ini satu sesudah yang lain secara berurutan.

"Seharusnya penambahan layer olesan skincare ini diberi jarak waktu beberapa menit sebelum mengoleskan skincare lain di atasnya," jelasnya.

Ia menambahkan, pemberian jeda waktu ini berfungsi untuk memberi waktu pada bahan-bahan aktif produk yang satu agar terserap sempurna ke dalam kulit. Selain itu, jeda waktu juga diperlukan untuk membantu bahan aktif bekerja maksimal merawat kulit.

Lalu berapa lama sih waktu yang dibutuhkan sebelum mengoleskan skincare selanjutnya? Dokter kulit yang disapa dr Nila ini mengungkapkan bahwa jarak waktu optimal sebelum mengoleskan skincare selanjutnya berkisar antara 15 menit.

"Misalnya, setelah mengoleskan serum wajah, Anda harus mendiamkan kulit selama 15 menit. Baru kemudian Anda mengoleskan moisturizer," katanya.

Namun, jarak waktu 15 menit ini bukanlah ukuran pasti yang harus dilakukan, karena jeda waktu yang dibutuhkan untuk penyerapan ini juga tergantung pada kelembaban udara sekitar. Kelembaban udara sekitar yang terlalu tinggi akan menyulitkan penyerapan skincare, terutama yang berbentuk krim.

Selain itu, jenis kulit juga memengaruhi kecepatan penyerapan skincare. Untuk tipe kulit berminyak, penyerapan skincare akan semakin sulit sehingga jeda waktu untuk mengoleskan skincare yang kedua akan semakin lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com