Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Murah, BlackBerry Q5 Punya Fitur Z10

Kompas.com - 15/05/2013, 09:28 WIB

ORLANDO, KOMPAS.com - BlackBerry telah memperkenalkan ponsel seri Q5 yang ditujukan untuk pasar menengah ke bawah. Meski dibanderol dengan harga murah, Q5 punya fitur serupa dengan Z10 karena keduanya menggunakan sistem operasi yang sama, BlackBerry 10.

CEO BlackBerry, Thorsten Heins, yakin ponsel dengan desain papan ketik fisik QWERTY ini akan laris di negara berkembang. "Saya yakin, ini akan laris sekali," kata Heins dalam konferensi BlackBerry Live 2013 di Orlando, AS, Selasa (14/5/2013),

Pihak BlackBerry mengklaim fitur dan aplikasi yang berjalan di Q5 bisa bekerja dengan lancar.

Sama seperti Z10, layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) di ponsel Q5 juga mendukung komunikasi video BBM Video dan Screen Share yang memungkinkan pengguna berbagi layar ponsel secara virtual dengan pengguna lain.

Q5 juga punya fitur yang sama dengan Z10 dari sisi kamera. Keduanya sama-sama memiliki fitur Time Shift yang bekerja seperti mesin waktu untuk mengembalikan dan memajukan beberapa mili detik frame foto yang dipotret. Ada pula aplikasi Story Maker untuk mengedit video dari ponsel berbasis BlackBerry 10.

Dengan BlackBerry Hub, pengguna Q5 bisa melihat semua pesan dan notifikasi layanan komunikasi dalam satu ruang. BlackBerry Hub merupakan sebuah kotak masuk dan notifikasi terpadu untuk layanan SMS, email, jejaring sosial seperti Facebook, Twitter sampai LinkedIn.

Ponsel dengan layar seluas 3,1 inci ini akan mulai dipasarkan bulan Juli, termasuk ke kawasan Asia Pasifik. Namun, perusahaan asal Kanada ini belum mengungkap informasi harga BlackBerry Q5. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com