Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2013, 15:53 WIB

KOMPAS.com - Tanpa terasa, Batik Keris telah melayani kebutuhan konsumen akan batik tradisional selama 93 tahun. Perusahaan batik yang berawal dari toko batik bernama "Keris" di Solo ini merayakannya dengan merilis koleksi busana batik yang menyatukan nuansa Jawa, Peranakan, dan Eropa.

Koleksi busana batik untuk tahun 2013 ini masih menampilkan ciri khas Batik Keris berupa penggunaan warna-warna alam dan warna-warna sogan khas Solo. Untuk kaum muda dan anak-anak, Batik Keris juga meluncurkan koleksi busana kasual dengan warna-warna yang lebih cerah dan motif yang lebih bebas. Secara desain pun ada upaya untuk membuat koleksi busananya lebih mengikuti tren.

Koleksi busana Batik Keris bertema Puspa Nusa ini ditampilkan dalam suatu peragaan busana di Center Court Mal Puri Indah, Jakarta, beberapa waktu lalu. Ada lima lini busana yang ditampilkan, yaitu Profesional, Collection, Family, Teenager, dan Kids.

Profesional adalah koleksi batik untuk busana kerja pria dan wanita. Koleksi untuk wanita terdiri atas baju terusan selutut maupun atasan dan bawahan dengan model yang simpel. Keunikan muncul pada permainan warna dan motif, misalnya warna merah yang dipadukan biru, atasan batik yang dikombinasikan dengan dalaman atau bawahan polos, juga motif besar yang ditabrakkan dengan motif kecil-kecil yang menjadi ciri khas Batik Keris.

Untuk pria, koleksinya berupa kemeja lengan panjang maupun pendek yang cenderung bermotif klasik seperti Sekar Jagad atau Bawono Rejo. Warna-warnanya lebih gelap seperti hijau, ungu, biru tua, atau sogan. Bahan yang digunakan (juga untuk koleksi wanita) adalah perpaduan dobi dan katun, yang dibatik dengan teknik cap.

Collection adalah koleksi busana untuk momen yang lebih formal atau istimewa. Terlihat dari digunakannya sutera sebagai material bahannya, dan teknik batik tulis untuk membuatnya. Untuk pria koleksinya berupa kemeja lengan panjang dengan motif flora yang ukurannya besar-besar, dengan warna ungu dan sogan sebagai pilihan.

Untuk perempuan, warna dan desainnya lebih bervariasi. Anda bisa menemukan gaun terusan kuning kunyit dengan aksen warna biru di bagian leher, gaun asimetris bertumpuk dari bahan sifon yang melayang, atau baju terusan yang diperlakukan sebagai luaran, dilengkapi ikat pinggang serut sebagai pengikat, dan dalaman warna polos.

Tampil kompak sebagai satu keluarga tidak harus ditunjukkan dengan busana yang serba kembar atau sarimbit. Dalam koleksi Family, motif batik yang ditawarkan tidak selalu sama antara ayah, ibu, serta anak laki-laki dan perempuan. Desainnya cenderung semiformal-kasual dengan motif yang kecil-kecil dan sedang. Koleksi untuk ayah berupa kemeja pria berlengan pendek dengan aplikasi di bagian depan (sepanjang lokasi kancing) dengan motif dan warna berbeda, ciri khas Batik Keris.

Koleksi untuk Teenager tampak benar-benar menyegarkan. Kemeja slim fit atau pas badan berlengan pendek memperlihatkan motif yang sangat bervariasi dan warna-warna cerah seperti oranye, kuning, dan ungu. Tabrak motif pada kemeja pria tentunya membuat koleksi ini lebih fun. Kemeja juga bisa dikenakan tanpa dikancingkan, dengan dalaman t-shirt, serta celana jeans.

Namun, koleksi ini tentunya juga bisa dikenakan untuk pria bekerja. Apalagi kemeja slim fit, menurut Lina Handianto Tjokrosaputro, Komisaris Utama Batik Keris, merupakan koleksi yang banyak dicari belakangan ini. Hal ini disebabkan kaum pria rupanya sudah cukup percaya diri untuk memakai kemeja yang pas di badan, menampakkan tubuh yang kencang dan bugar.

Koleksi untuk remaja putri pun cukup ceria, terdiri atas atasan bergaya asimetris, atasan tanpa lengan, atau gaun terusan dengan bolero. Banyak permainan warna dan tabrak motif di sini, sehingga motif batik klasik pun jadi terlihat unik.

Untuk koleksi Kids, Batik Keris menampilkan busana-busana hasil kerjasama dengan Disney International yang pernah dipamerkan beberapa waktu lalu. Tahun ini, koleksi ini meraih penghargaan The Asian Licensing Award untuk kategori Best Licensee se-Asia, membuktikan bahwa batik Indonesia semakin mendapat pengakuan dari dunia internasional.

Sebagai puncak peragaan busana, ditampilkan koleksi busana mewah dengan banyak aplikasi manik dan batu-batuan, serta hiasan kepala yang megah. Gaya kemben, rok panjang, dan jubah panjang dari bahan yang ringan melayang, memperlihatkan keindahan karya batik.

Untuk merayakan hari jadinya, Batik Keris juga menggelar festival Nusa Indah di tiga kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Solo. Akan digelar parade karnival sebagai pembuka acara, rangkaian tari dan musik, juga parade show koleksi baju batik dan kerajinan.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com