Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2013, 23:51 WIB

KOMPAS.com - Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa bergabung dalam sebuah paduan suara bisa memperbaiki banyak hal dalam pikiran Anda.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Psychology of Music oleh para peneliti di Abant Izzet Baysal University, Turki, ini mengungkapkan bahwa bernyanyi dalam paduan suara dikaitkan dengan tingkat penurunan kecemasan (anxiety disorder).

Penelitian ini melibatkan 35 orang yang ditugaskan bernyanyi selama satu jam pada sebuah paduan suara. Peneliti menganalisis dampak positif dan negatif, serta tingkat kecemasan mereka dan amilase saliva (enzim yang sering digunakan sebagai penanda untuk peradangan).

Para peneliti menemukan, peserta yang ditugaskan untuk bernyanyi tersebut memiliki penurunan dampak negatif dan kecemasan dibandingkan dengan orang yang bernyanyi di luar paduan suara.

Bergabung dalam sebuah paduan suara bisa memberikan manfaat pada kesehatan mental juga. Science Nordic melaporkan, peneliti Norwegia sebelumnya melaporkan bahwa partisipasi dalam paduan suara dihubungkan dengan kesehatan dan keterlibatan kerja yang lebih baik.

"Bernyanyi selain memberikan kesehatan fisik, juga psikologis," kata Graham Welch, ketua pendidikan musik di University of London. Bermanfaat secara  fisik karena dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Sedangkan secara psikologis, karena dapat menurunkan stres dan meningkatkan perasaan menjadi lebih baik.

(Tabloid Nova/Ester Sondang)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com