Minggu, 23 November 2014
Persiapan Dian Sastrowardoyo untuk Persalinan
Senin, 20 Mei 2013 | 08:13 WIB
|
Share:
KOMPAS.COM/RAI RAHMAN INDRA

Pernah mencoba lari untuk olahraga selama kehamilan, kini Dian Sastrowardoyo lebih suka jalan kaki.

KOMPAS.com — Sama seperti calon ibu kebanyakan, Dian Sastrowardoyo juga merasa dirinya mengalami masa-masa pusing, mual, dan muntah-muntah, terutama di semester pertama usia kehamilan. Aktris kelahiran 16 Maret 1982 ini merasa dirinya pusing hampir setiap hari pada trimester pertama kehamilan.

“Jadi, boro-boro tampak gorgeous, merasa sehat saja enggak. Mood tidak stabil, dan bawaannya kesal melulu, maka itu biasanya butuh asupan nutrisi,” ujar Dian, yang kini sedang hamil anak kedua.

Menurut Dian, kehamilan keduanya ini sudah dibicarakan sejak awal bersama sang suami, Indraguna Sutowo. Termasuk, kapan waktu memakai dan melepas KB. Untuk persiapannya, Dian mengonsumsi nutrisi yang mengandung asam folat tinggi. Ketika merasa kerap mual dan muntah, ia siasati lagi dengan nutrisi yang mengandung vitamin B6.

Selain persiapan mental, psikologis, serta asupan nutrisi, olah tubuh juga menjadi hal yang sangat utama buat Dian. Waktu hamil pertama, ia menjalani hampir semua olah tubuh, dari yoga, pilates, bellydance, hingga angkat beban yang ringan.

“Dulu selalu diingatkan, kalau mau (bersalin) normal tubuh harus fit, dan olahraga akan sangat membantu proses persalinan,” ujarnya.

Bicara soal olahraga, Dian bisa dengan lancar menyampaikan soal heart rate yang menjadi tolok ukur olahraga untuk ibu hamil. Katanya, karena hobi berlari, dia pernah mencoba olahraga tersebut, dan ternyata tidak cocok untuknya meskipun dengan kecepatan rendah. Pilihan lainnya yang lebih sehat adalah berjalan.

“Persiapan yang matang akan sangat membantu saat menjalani masa kehamilan,” ungkapnya.

 


Penulis :
Rahman Indra
Editor :
Dini
BERITA LAIN: