Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemenang "World Muslimah Beauty" Bertolak ke Mekkah

Kompas.com - 25/05/2013, 16:24 WIB
Sabrina Asril

Penulis

MADINAH, KOMPAS.com - Sebanyak tujuh pemenang World Muslimah Beauty 2012 bertolak dari Madinah ke Mekkah pada Sabtu (25/5/2013) pagi waktu setempat. Mereka bersama 200 jama'ah lain bersama agen perjalanan SCI Berjaya akan menuju Tanah Suci untuk menunaikan ibadah umarah.

"Ini adalah hadiah kepada para pemenang tahun 2012 lalu. Ada tujuh pemenang yang berhak menunaikan ibadah umroh di Tanah Suci," ujar Rofi Zardaida, founder World Muslim Beauty di Madinah, Arab Saudi, Jumat (24/5/2013) lalu.

World Muslim Beauty merupakan ajang unjuk talenta para muslimah sedunia yang diselenggarakan oleh World Muslim Beauty Foundation. WMB merupakan acara tahunan yang dilakukan sejak tahun 2011. Pada tahun 2013, WMB mengubah namanya menjadi Annual Award of World Muslimah.

Kompetisi ini terbuka bagi siapa pun muslimah di seluruh dunia. Pada tahun 2012, terpilih 20 grand finalist dan salah seorangnya berasal dari Lagos, Nigeria. Para kontestan tidak hanya mengandalkan kecantikan semata, tetapi juga menonjolkan sisi edukasi, empowerment, dan apresiasi.

Ada pun tujuh pemenang WMB 2012 yang mengikuti perjalanan ibadah umroh ini adalah Nina Septiani (Juara I), Dwi Handayani Putri (Juara II), Anggun Hiasyah (Juara III), Tasya Gunoto (The Most Innovative Muslimah), Rizkitha (The Best Video and Al-qur'an Recitation by Polling), Al Khansa (The Most Talented Muslimah), dan Dheanita Tribuana (The Favorite by Polling).

Sebelum bertolak ke Baitullah (rumah Allah), para pemenang beserta jama'ah melakukan manasik terlebih dulu. Untuk menuju Baitullah, seluruh jama'ah perlu mempersiapkan diri secara mental dan fisik yang cukup. Oleh karena itu, di dalam sambutannya, Rofi mengingatkan agar peserta menggunakan mata hati dalam menjalankan ibadah umroh.

"Karena apa yang kita lakukan sebuah perjalanan, sebuah perjalanan yang bertemu dengan zat yang paling istimewa, yang paling kita cintai. Bahkan lebih dari yang kita cintai di Tanah Air," pesan mantan jurnalis TVRI ini.

Adapun, perjalanan antara Madinah dan Mekkah akan ditempuh selama enam jam menggunakan bus. Selain menunaikan ibadah umroh, para pemenang WMB 2012 ini juga melakukan pemotretan di tiga wilayah, yakni Mekkah, Madinah, dan Jeddah.

"Sudah menjadi kebiasaan bagi World Muslimah, tidak hanya berkunjung di beberapa negara tapi juga bermaksud mempromosikan busana muslim di Indonesia," kata Rofi.

Rofi menjelaskan promosi busana muslim yang dimaksud adalah busaha muslim yang sesuai dengan syar'i atau ketentuan dalam agama Islam. Seluruh pakaian, kata Rofi, disediakan oleh para desainer ternama dari Mumtaaz. Selain itu, konsep pemotretan fashion ini juga sudah mendapat sentuhan arahan dari fashion stylist Indonesia yang kini menetap di Perancis, Heri Bisma.

"Hasil pemotretan itu akan ditayangkan ke media-media massa untuk menunjukkan busana muslim yang syar'i tetapi juga masih memenuhi selera mode. Kami berusaha menjembatani kebutuhan fashion dan Islamic values sehingga Islam syar'i bisa dipakai dengan trendi dan modis," ungkap Rofi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com