Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2013, 16:30 WIB

KOMPAS.com - Setelah sukses di beberapa kota besar seperti Paris, Berlin, Casablanca, dan Dubai, department store terbesar asal Perancis Galeries Lafayette membuka tokonya di Jakarta. Toko ini menempati area seluas 12.000 meter persegi, terbagi dalam empat lantai di Pacific Place Mall, Jakarta, dengan pembagian produk yang berbeda. Lantai dasar diisi aksesori dan produk kecantikan, lantai satu dan dua untuk busana wanita, serta lantai tiga untuk busana pria.

Konsep Galeries Lafayette Jakarta hampir tak jauh berbeda dengan di Paris, menghadirkan brand fashion ternama, produk kecantikan, hingga santap kuliner khas Lafayette. Selain brand dari luar negeri seperti Marc by Marc Jacobs atau Vero Moda, ada juga sejumlah koleksi desainer Indonesia seperti Biyan, Sebastian Gunawan, Stella Rissa, Ardistia, Amy Atmanto, dan Alleira.

"Indonesia bertumbuh pesat, dan kami yakin banyak yang menginginkan kehadiran Galeries Lafayette di sini, bukan sekadar untuk menampilkan produk tapi lebih pada pengalaman berbelanja," ujar Nicolas Houze, CEO Galeries Lafayette, saat pembukaan di Glass House, Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Pembukaan gerai di Jakarta merupakan langkah Galeries Lafayette untuk pengembangan internasional. Jaringan toko ini direncanakan akan dibuka juga di Beijing pada musim gugur 2013, lalu Istambul dan Doha tahun 2015.

Seperti di Paris atau Berlin, Galeries Lafayette di Jakarta juga didesain matang dan terkonsep. Mengambil tema One Day in Paris, ada penempatan ornamen-ornamen atau replika landmark kota tersebut di setiap sudut toko, seperti Menara Eiffel, lampu hias jalan, serta replika Dome Galeries Lafayette Paris Haussmann yang khas.

Total ada sekitar 330 brand, di mana 40 di antaranya berasal dari Perancis. Thierry Prevost, Vice President International Development Galeries Lafayette menambahkan, selain brand ternama dari berbagai negara, ada juga produk eksklusif dari Galeries Lafayette sendiri.

"Kami membawa produk-produk terbaik dan yang sudah punya nama kuat di dunia fashion," ujarnya menambahkan.

Kehadiran Galeries Lafayette di Jakarta bekerjasama dengan PT Mitra Adi Perkasa. Sebagai peritel fashion terbesar di Indonesia, MAP sudah mengelola sekitar 1.454 store di 52 kota di Indonesia, seperti Sogo, Seibu, Zara, Planet Sports, Starbucks, dan lainnya.

"Galeries Lafayette bisa jadi termasuk yang terbesar buat kami, dan tentunya akan menjadi salah satu yang menarik minat pengunjung," ujar V.P. Sharma, CEO Mitra Adi Perkasa.

Tiap gerai di Galeries Lafayette bisa dibilang teater fashion. Pengunjung seperti diajak untuk menikmati pengalaman berbelanja dan berjalan di lorong-lorong seperti menikmati perjalanan sehari di Paris.

Ide utama konsep arsitektur Galeries Lafayette di Jakarta dirancang oleh Studio Plajer and Franz Studio yang berbasis di Berlin. Mengikuti model kubah yang berumur seabad di gerai Galeries Lafayette Boulevard Haussmann, dua kubah juga terdapat di gerai Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com