Senin, 24 November 2014
3 Bahan Makanan yang Bikin Ramping
Selasa, 18 Juni 2013 | 17:57 WIB
|
Share:
shutterstock

Pilhan bahan makanan menentukan keberhasilan diet Anda.

KOMPAS.com - Ukuran pinggang yang ideal, perut yang rata, badan yang ramping menjadi impian perempuan yang memerhatikan penampilan fisiknya. Untuk mewujudkan impian ini, bukan pembatasan asupan kalori saja jawabnya. Pilihan bahan makanan juga turut menentukan. Jadi, kalau mau langsing pastikan tiga bahan makanan ini ada dalam santapan harian Anda.

1. Gandum.
Riset terbaru yang tercatat di Jurnal Nutrisi menyebutkan gandum membantu mengurangi lemak di tubuh terutama di perut. Riset ini menunjukkan, orang dewasa yang mengonsumsi tiga sajian gandum per hari, lemak tubuhnya 2,4 persen lebih rendah dan lemak perut 3,6 persen lebih rendah ketimbang mereka yang hanya mengondumsi kurang dari seperempat sajian.

Para peneliti menemukan serat pada gandum lebih mengenyangkan dibandingkan serat dari buah dan sayuran. Anda bisa mulai rutin mengonsumsi gandum berupa satu cangkir sereal gandum murni (setara dengan satu sajian gandum) atau sepotong roti gandum.

2.  Cuka.
Sebuah studi di Jepang menunjukkan orang dewasa penderita obesitas yang menambahkan dua sendok makan cuka per hari dalam menu diet harian mengalami penurunan berat badan. Berat badan mereka turun sekitar 1,8 kg, lemak perut lima persen berkurang dan lemak tubuh berkurang 3,5 persen. Para peneliti menduga asam asetat meningkatkan enzim yang mengoksidasi lemak, sehingga lebih sedikit lemak yang terakumulasi di tubuh.

3. Kacang-kacangan.
Para peneliti sebuah studi di Harvard mengamati kebiasaan makan lebih dari 50.000 perempuan selama delapan tahun. Hasilnya, mereka yang rutin makan kacang-kacangan setidaknya dua kali berat badannya tak mengalami kenaikan berlebihan dibandingkan perempuan yang tak punya kebiasaan ini. Meski kacang mengandung kalori dan lemak tinggi, para peneliti menemukan kacang mengandung protein, serat, dan lemak sehat yang membuat pengonsumsinya cepat kenyang. Jadi, masukkan kacang dalam menu harian Anda, setidaknya satu ons kacang per hari termasuk selai kacang dua sendok makan.

 


Penulis :
Wardah Fazriyati
Editor :
wawa
BERITA LAIN: