Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2013, 11:41 WIB

KOMPAS.com - Anda yang punya bentuk wajah bulat dan pipi chubby biasanya mendambakan bentuk wajah yang lebih proporsional dan lebih tirus. Selain pipi yang lebih kecil, bentuk rahang yang tajam dan kencang juga jadi impian banyak orang.

Untuk mengecilkan pipi dan mempertajam rahang, perawatan setrika pipi atau operasi plastik bisa dilakukan. Tetapi sayang, harganya cukup mahal. Adakah alternatif lain untuk mengecilkan pipi? Tentu ada, ini caranya:

1. Melatih otot rahang dengan yoga wajah atau latihan wajah yang lain memang bisa membantu mengecilkan rahang. Namun, Anda juga harus mengombinasikan dengan menjaga asupan makanan yang sehat dan sesuai kebutuhan.
2. Oleskan krim atau losion pada wajah, kemudian pijat dari bawah ke atas (dagu ke pipi) untuk mencegah kulit kendur.
3. Pijat rahang dengan menggunakan es batu atau handuk panas. Tepuk-tepuk daerah dagu selama 30 detik setiap hari.
4. Latih otot wajah Anda secara teratur. Karena melatih wajah bisa merangsang sirkulasi darah sehingga memberi batas tegas antara rahang dan leher. Pegang leher Anda erat-erat, dan regangkan kulit rahang dengan mengangkat wajah menghadap ke langit-langit. Lakukan latihan ini minimal 10-12 kali sehari.
5. Gunakan bantuan bola karet. Selipkan bola di antara leher, kemudian lakukan push-up sambil menjaga bola ini tetap berada di dagu. Latihan ini berfungsi untuk menghilangkan dagu yang berlipat (double chin).
6. Selain losion, Anda juga bisa memijat rahang dengan menggunakan minyak aromaterapi. Pijat rahang sambil regangkan leher ke atas. Ini akan membantu mempertajam rahang, dan membuat Anda merasa santai.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com