Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2013, 22:20 WIB

KOMPAS.com – Perempuan mana pun pasti ingin sukses dalam segala aspek kehidupannya, baik keluarga, pribadi, maupun karier. Namun kesuksesan dalam karier seringkali menjadi prioritas bagi mereka yang lajang, karena sebagai sarana untuk aktualisasi diri. Hanya saja, kadang-kadang akan sulit mencapainya bila Anda bekerja di perusahaan yang posisi-posisi pentingnya didominasi kaum laki-laki.

Nah, agar dapat bersaing dengan kaum pria dan meraih kesuksesan yang sama, Anda mesti punya strategi. Berikut tujuh langkah yang bisa  Anda lakukan:
 
Maksimalkan waktu makan siang
Dibutuhkan seorang perempuan yang sangat terorganisasi untuk mampu menjalani karier dan rumah tangga yang sukses. Buatlah jadwal dalam agenda sehari-hari, sehingga Anda dapat membagi waktu untuk makan siang bersama rekan kerja dan keluarga Anda. Atur jadwal kegiatan sehari-hari Anda secara realistis, agar Anda dapat menyeimbangkan waktu antara pekerjaan dan keluarga dengan adil.
 
Bekerja untuk sukses
Jejaring merupakan cara yang fantastis untuk mengenal para profesional lain yang bisa memberikan keuntungan bagi bisnis Anda atau sebaliknya. Memang, kebanyakan orang cenderung untuk menjalankan bisnis dengan orang yang mereka sukai dan percaya. Tetapi, dalam dunia profesional, mendapatkan celah untuk bisa berkenalan dengan klien baru yang potensial, atau prospek usaha baru, sangat dibutuhkan. Maka dari itu, tak ada salahnya jika Anda mengikuti sebuah perkumpulan yang dapat membuka peluang berkenalan dengan para pekerja profesional lainnya. Sungguh menakjubkan betapa Anda bisa banyak belajar dari orang lain dengan bidang-bidang yang berbeda atau bahkan berasal dari bidang yang sama seperti Anda.
 
Menjadi diri sendiri
Think outside the box” itulah prinsip yang harus diterapkan oleh seorang profesional sukses. Melontarkan ide yang unik dan berbeda bisa menunjukkan kreativitas, bisnis, dan konsumen selalu ingin mencari sesuatu yang baru terus-menerus. Oleh karena itu, Anda butuh pemikiran yang segar dan berbeda dari yang lain untuk dapat memberikan hasil yang sempurna dalam industri Anda yang jalani. Jadilah diri sendiri, karena jika Anda berpura-pura, hasil yang akan didapatkan pun tidak sempurna.
 
Cerdas mengurus keuangan
Mengatur secara cerdas perencanaan keuangan Anda dapat berpengaruh besar pada kehidupan Anda sehari-hari. Mereka yang sukses tahu sekali bagaimana menggunakan uangnya, bahwa hidup bukan hanya untuk hari ini sehingga menyadari pentingnya menabung. Bahkan, bagi mereka menabung saja tidak akan cukup untuk menjamin masa depan. Maka sejak muda mereka membiasakan diri untuk membeli produk investasi.

Gunakan bakat alami Anda
Gunakan bakat alami yang Anda miliki untuk membangun kehidupan yang baik. Misalnya, jika Anda pandai berbicara, maka cobalah untuk menjadi penyiar, MC, atau bahkan motivator. Atau sumbangkan bakat Anda pada perusahaan tempat Anda bekerja. Perusahaan tentu akan melihat potensi Anda dan membuka banyak peluang untuk maju.
 
Beri waktu untuk diri sendiri
Kesuksesan tidak akan berarti apapun jika Anda tidak menjalaninya dengan seimbang. Anda harus meluangkan waktu untuk diri sendiri setiap hari. Misalnya, melakukan aktivitas olahraga kesukaan Anda beberapa kali seminggu, atau mewarnai kuku Anda dengan cat kuku dengan warna yang lucu-lucu. Waktu untuk diri Anda sendiri, sama pentingnya dengan waktu Anda untuk orang lain.
 
Seimbang
Pada akhirnya, Anda harus mempertimbangkan apa yang paling penting dalam hidup Anda. Anda tahu apa yang menjadi prioritas diri Anda, dan mana yang tidak.  Seimbangkan kegiatan pekerjaan dengan keluarga, maka hidup Anda akan lebih sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com