Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2013, 08:05 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Tak diragukan lagi kalau aroma makanan yang sedap bisa membuat perut mendadak jadi lapar. Coba saja cium aroma sedap seperti bau roti yang baru keluar dari panggangan, ayam goreng tepung, atau nasi goreng dengan telur yang sedang didadar. Aroma ini bisa "berbahaya" untuk Anda yang sedang diet.

Tetapi berita baiknya, mencium aroma tertentu ternyata juga bisa membuat nafsu makan Anda lenyap. Ini contohnya:

1. Extra virgin olive oil (minyak zaitun murni)
Sebuah studi dari German Research Center untuk Food Chemistry menemukan bahwa menghirup aroma minyak zaitun murni ini saja akan membuat Anda merasa lebih kenyang.

Penelitian ini dilakukan dengan cara menambahkan ekstrak minyak zaitun ke dalam yogurt. Peserta penelitian diminta untuk menyantap yogurt ini. Hasilnya, kalori tubuh mereka menurun dan mereka memiliki gula darah yang normal dibandingkan yang hanya menyantap yogurt tawar.

Minyak zaitun ternyata mampu meningkatkan kadar hormon serotonin yang memengaruhi tingkat kekeyangan. Selain itu, minyak ini juga mengandung MUFA, yaitu lemak sehat yang membantu menghilangkan tumpukan lemak di perut.

2. Bawang putih
Berdasarkan studi yang dilakukan tahun 2012 dan dimuat dalam jurnal Flavour, aroma kuat bisa membuat Anda makan lebih sedikit. Carilah makanan yang pedas, berbumbu, atau beraroma kuat seperti bawang putih untuk mengerem nafsu makan Anda.

3. Apel hijau dan pisang
Studi yang dilakukan di Smell & Taste Treatment and Research Foundation mengungkapkan bahwa penderita kelebihan berat badan yang mencium aroma kedua buah ini saat lapar, akan kehilangan nafsu makannya. Kedua buah ini diduga memiliki aroma manis yang bisa menetralkan rasa lapar. Jika tak memiliki apel hijau atau pisang, cobalah untuk mencium aroma vanila atau peppermint.

4. Adas
Tanaman adas mempunyai fungsi diuretik alami, dan bisa mengurangi rasa lapar dan keinginan ngidam makanan tertentu. Teh biji adas juga menjadi cara sederhana untuk mengontrol nafsu makan, sekaligus meningkatkan energi. Ketika sedang lapar, Anda juga bisa menghirup aroma biji adas atau minyak esensialnya.

5. Jeruk bali
Sama seperti buah jeruk lainnya, jeruk bali juga mengandung vitamin C dan likopen. Biasanya para pelaku diet gemar menyantap buah ini karena kandungan vitamin di dalamnya. Namun para peneliti di Osaka University, Jepang, menyarankan untuk mencium bau jeruk kupas ini terlebih dulu sebelum menyantapnya. Para peneliti ini menemukan, responden yang diekspos dengan minyak jeruk selama 15 menit ternyata nafsu makannya menurun dan lama-kelamaan berat badannya berkurang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com