Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2013, 19:36 WIB
K. WAHYU UTAMI

Penulis

KOMPAS.com - Peran perempuan di dunia usaha makin hari makin berkembang. Banyak perempuan pewirausaha yang sukses mengembangkan usaha mandiri mereka hingga dikenal luas.

Untuk memberikan penghargaan bagi kaum perempuan yang sukses membangun wirausaha UKM, majalah Femina menggelar program Wanita Wirausaha Mandiri yang di tahun kelimanya ini mengambil tema "Legacy & Inovasi". Ajang ini bertujuan untuk mencari, memilih, dan memberi penghargaan kepada wanita wirausaha UKM dengan usia maksimal 40 tahun yang mampu mengembangkan usahanya dari segi orisinalitas produk, pemasaran, kapasitas produksi, potensi, dan pengembangan usaha, serta memiliki kepedulian sosial dan lingkungan.

"Wanita Wirausaha Mandiri ini tidak terbatas dan membantu memajukan usaha ekonomi Indonesia. Dari sini bibit baru yang muncul diunggulkan," papar Svida Alisjahbana, CEO Femina Group, saat membuka acara di Ballroom Sangri-La Hotel, Jakarta, Kamis (27/6/2013).

Tak bisa dipungkiri, teknologi sekarang ini terus berkembang, gaya hidup berubah, demikian juga perilaku konsumennya. Para pelaku pasar juga selalu berinisiatif dan berinovasi untuk melakukan perbaikan, menyajikan hal yang baru dan unik bagi konsumennya, dengan memanfaatkan segala kemajuan teknologi tadi.

"Tanpa inovasi, mereka tidak mampu bersaing dalam dunia industri yang kompetitif. Karenanya, dalam program ini kami memberikan pelatihan lewat seminar yang kami lakukan di tiga kota besar di Indonesia, di antaranya Jakarta, Medan, dan Surabaya," tambahnya.

Ajang Wanita Wirausaha Mandiri akhirnya diikuti oleh sekitar 460 peserta. Para peserta lomba datang dari beragam latar belakang usaha,  dari fashion apparel, kerajinan tangan, aksesori, produk perawatan kulit, makanan, manufacturing, hingga public relations.

Dari jumlah tersebut akhirnya disaring menjadi 15 finalis. Kelimabelas finalis lalu menjalani tahap verifikasi, di mana dewan juri mengamati lokasi usaha dan proses produksi usaha mereka. Tim dewan juri yang terdiri atas Svida Alisjahbana (CEO Femina Group), Nila Mayta Dwi Rihandjani (Vice President PT Bank Mandiri), Hari Purwantono (Country Managing Partner PT Ernst & Young Indonesia), Dr Ir Pariaman Sinaga, MM (Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Hubungan Antar Lembaga Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah), Musa Widyatmodjo (fashion designer), William Wongso (pakar dan pengusaha kuliner), dan Yoris Sebastian (konsultan industri kreatif), akhirnya memilih lima pemenang Wanita Wirausaha Mandiri - Femina 2013 berikut ini:

Pemenang I
Rizka Wahyu Romadhona, dengan usaha Lapis Bogot Sangkuriang

Pemenang II
Melanny, dengan usaha Aroma Cake Buah Naga

Pemenang III
Riana Bismarak, dengan usaha Belowcepek.com

Pemenang penghargaan khusus social entrepreneur
Anne Sri Ati, dengan usaha Makmur Argo Satwa

Pemenang penghargaan khusus green entrepreneur
Anne Sri Ati, dengan usaha Makmur Argo Satwa

Selamat buat semua pemenang!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com