Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2013, 11:25 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Penuaan seringkali jadi musuh utama kaum perempuan. Selain merawat kulit dengan cermat sejak muda, dan memilih make-up yang sesuai, Anda juga harus menyiasatinya dengan pandai-pandai memilih busana.

"Selain itu, Anda juga harus memilih busana dengan warna yang tepat. Salah memilih warna baju malah justru membuat Anda jadi terlihat lebih tua," ungkap desainer Nuniek Mawardi saat konferensi pers menjelang peragaan busananya di Jakarta Islamic Fashion Week (JIFW) 2013 di Jakarta Convention Center, Senayan, Kamis (27/6/2013) lalu.

Sedikit membagi tip berbusananya, Nuniek mengungkapkan bahwa sebenarnya tak sulit untuk menyesuaikan warna baju dengan kulit perempuan Indonesia yang cenderung kecoklatan. Karena pada dasarnya, semua warna cocok digunakan untuk jenis kulit ini.

Namun untuk perempuan yang usianya sudah lebih matang, sebaiknya hindari memilih baju-baju dengan warna tua. Misalnya merah tua, biru tua, hitam, dan lainnya. Warna-warna gelap ini akan membuat penampilan Anda justru terlihat lebih tua, kusam, dan kurang bersemangat.

Sebaliknya, pilihlah warna-warna pastel yang lembut seperti krem, putih gading, hijau toska, pink, dan lain-lainnya. Warna yang lembut ini akan memberi kesan segar dan cerah untuk kulit Anda.

"Warna-warna pastel yang cerah dan lembut akan membuat Anda terkesan lebih muda secara natural, tapi nggak terlihat norak," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com