Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2013, 12:16 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Foundation atau alas make-up bisa berguna untuk mengoreksi kondisi wajah yang kurang sempurna. Misalnya, menutupi noda hitam atau bekas jerawat yang ada di wajah. Namun, salah satu kesalahan yang sering terjadi ketika memilih foundation adalah warnanya yang terlalu putih, dan tak cocok dengan jenis kulit. Alih-alih memperbaiki tampilan,foundation yang Anda pakai justru membuat kulit jadi alergi dan berjerawat.

Jeni Lee, make-up artist dari Cincinnati, Amerika, merekomendasikan beberapa tip saat memilih foundation.

1. Sesuaikan dengan warna leher
Agar tak terlihat seperti topeng, warna foundation harus disesuaikan dengan warna kulit. Paling tidak satu warna di atas warna kulit asli Anda. Jika biasanya mencocokkan warna foundation dengan cara mengoleskannya ke punggung tangan, lupakan cara ini. Karena warna punggung tangan tidak akan benar-benar cocok dengan wajah Anda.

Biasanya warna punggung tangan jauh lebih hitam dibandingkan wajah. Maka ketika warna foundation disesuaikan dengan warna punggung tangan, Anda akan terlihat seperti memakai topeng saat memakainya di wajah. Sebagai gantinya, coba oleskan saja foundation Anda di daerah rahang atau leher.

2. Kenakan kemeja putih saat ingin membelinya
Anda pasti tahu kalau warna lampu etalase atau warna baju bisa menyamarkan warna kulit Anda yang sebenarnya. Agar pemilihan foundation lebih tepat dan natural, oleskan dulu tester-nya ke rahang atau leher saat Anda memakai baju yang berwarna putih atau warna pucat lainnya. Hindari memilih baju-baju berwarna primer seperti hijau, merah, biru, dan lainnya.

3. Hindari lampu toko
Sebaiknya melangkah sedikit keluar dari toko atau sedikit menjauhi etalase saat mencobanya. Lampu sorot ini akan membuat Anda cenderung memilih warna foundation yang jauh lebih putih. Akibatnya, saat di bawah cahaya normal kulit Anda jadi terlalu putih.

4. Pilih formulasi krim
Ketika memilih formulasi foundation, sebaiknya pilih yang berbentuk krim. Foundation cair lebih sulit berbaur dan menyatu di kulit. Jika memiliki kulit yang kering, gunakan pelembab sebelum memakai foundation. Untuk kulit berminyak, oleskan foundation saat Anda benar-benar membutuhkannya. Gunakan spons basah saat mengaplikasikannya agar terlihat alami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com