Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2013, 13:37 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Bumbu daun dan rempah kering seperti basil, oregano, thyme, dan lain-lain memang tak umum digunakan dalam masakan rumah sehari-hari. Namun, tak ada salahnya kalau Anda juga memilikinya di rumah. Siapa tahu Anda tergoda untuk memasak spaghetti, ayam panggang, atau steak berbumbu yang membutuhkan daun aromatik atau rempah kering seperti ini.

Meskipun tersedia dalam bentuk kering, namun ternyata rempah beraroma ini hanya bisa bertahan selama enam bulan saja. Setelah enam bulan, aroma khasnya akan hilang dan rasanya jadi kurang sedap. Nah, Anda perlu tahu bagaimana cara untuk memperpanjang umur simpannya.

Simpan rempah ini dalam wadah tertutup dan kedap udara. Kemudian simpan dalam freezer sampai beku. Beri label yang bertuliskan nama rempah tersebut agar tak tertukar dengan rempah lainnya. Akan lebih baik jika Anda menyimpannya dalam wadah kecil-kecil sekali pakai. Cara ini akan mencegah pembukaan wadah berulang-ulang ketika bumbu ini akan dipakai. Buka-tutup wadah yang berulang akan menciptakan kondensasi (pengembunan) yang menyebabkan rasa serta aroma berkurang.

Jika berencana untuk menggunakan secara teratur (atau jika bumbu sering dipakai) maka sebaiknya bumbu tak perlu disimpan dalam freezer, tapi cukup hanya disimpan dalam wadah kedap udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com