Jumat, 21 November 2014
Inspirasi Gaya Berhijab ala Zaskia Mecca
Sabtu, 29 Juni 2013 | 00:06 WIB
|
Share:
KOMPAS.COM/WARDAH FAJRI

Zaskia Adya Mecca saat peluncuran buku perdananya di Jakarta Islamic Fashion Week, bersama penulis Vieta dan editor Nana.
KOMPAS.COM/WARDAH FAJRI Zaskia Adya Mecca saat peluncuran buku perdananya di Jakarta Islamic Fashion Week, bersama penulis Vieta dan editor Nana.
KOMPAS.com - Gaya berpakaian aktris Zaskia Adya Mecca menjadi salah satu inspirasi berhijab bagi kalangan muda. Banyak yang mencontoh gaya Zaskia dalam berbusana muslim. Banyak juga yang menanti Zaskia menerbitkan buku sebagai panduan bergaya dalam balutan busana muslim yang stylish.

Merespons kebutuhan akan panduan berbusana muslim gaya modern, ibu satu anak yang tengah hamil delapan bulan ini meluncurkan buku perdananya di ajang Jakarta Islamic Fashion Week 2013. Buku berjudul Hijab Fascination Zaskia Adya Mecca ini diterbitkan Gramedia Pustaka Utama, dilengkapi bonus DVD berisi tutorial hijab gaya Zaskia.

Menurut Zaskia ada lebih dari 50 gaya berbusana yang ditampilkan dalam buku setebal 184 halaman ini. Sebagian besar isi bukunya merupakan foto dirinya yang ingin memberikan gambaran mengenai gaya busana ala Zaskia. Utamanya memberikan inspirasi padu padan gaya busana, juga perpaduan warna. Selain foto, Zaskia melalui bukunya juga memberikan kiat prakstis berbusana muslim.

"Konsep buku seperti ini belum pernah ada. Menampilkan street style untuk menunjukkan bagaimana memadukan warna juga mix and match busana," ungkapnya saat peluncuran buku di Jakarta Convention Center, Jumat (28/6/2013).

Menurut editor dari Gramedia Pustaka Utama, Nana Lystiani, foto yang mendominasi isi buku dibuat dengan tujuan khusus.

"Porsi foto lebih banyak agar pembaca lebih mudah mencerna gaya busana ala Zaskia. Juga agar gayanya lebih mudah diikuti.Inspirasi yang diberikan lebih jelas dengan foto," ungkapnya kepada Kompas Female.

Nana menambahkan, karakter pembaca yang menjadi sasaran buku semacam ini terbagi dua. Yakni mereka yang mencari inspirasi berbusana dengan mengandalkan tutorial berupa tahapan detil mengenai gaya berpakaian. Juga mereka yang lebih membutuhkan gambar untuk mendapatkan inspirasi berbusana muslim. Buku Zaskia lebih menyasar tipe pembaca kedua yang lebih mudah mencerna pesan buku lewat gambar.

Mengaku tak bisa menulis, Zaskia dibantu sepupunya Melissa A Pravieta, penulis, untuk merampungkan buku dalam proses panjang. Zaskia mengaku tak pernah membayangkan akan menulis buku. Namun saat berada dalam titik jenuh dengan berbagai aktivitasnya di dunia peran, selain juga terinspirasi sang suami yang tak henti berkarya dengan film yang membawa banyak manfaat, Zaskia terpanggil untuk merilis buku, memberikan inspirasi dari pengalamannya bereksperimen gaya hijab, juga dari kreativitasnya mencipta ragam koleksi busana muslim di butik miliknya Meccanism.

Seperti apa harapan Zaskia mengenai bukunya? Dalam pengantar buku ia menuturkan, "Menjadi muslimah bukan berarti kita ketinggalan zaman, nggak update, nggak mengikuti mode, dan tampil gitu-gitu aja. Justru menurutku, dengan menjadi muslimah, kita harus smart, beautiful, and fashionable sehingga di mata orang lain kita mempunyai nilai lebih, kita dihargai dan juga menghargai diri sendiri. Nggak ada yang salah dengan tampil cantik dan modis. Hal ini justru mengasah kreativitas otak untuk memadukan jilbab sampai sepatu, form head to toe."




Penulis :
Wardah Fazriyati
Editor :
Wawa
BERITA LAIN: