Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2013, 15:27 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.com - Pada saat malam hari, kulit bekerja keras meregenerasi sel-selnya karena pada saat itu air di dalam kulit menguap sebanyak 20 persen. Kandungan air pada kulit pun secara keseluruhan menghilang 25 persen.

"Kondisi tersebut bisa diperparah lagi jika kita tidur di ruangan ber-AC yang berdampak buruk terhadap kelembaban kulit," ujar dr Eddy Karta, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Cipto Mangunkusumo, di Decanter Wine House, Kuningan, Jakarta, Jumat (28/6/2013) lalu.

Sebagai perumpamaan, handuk yang basah bisa menjadi kering saat berada di bawah ruangan berpendingin udara. Hal yang sama bisa berlaku buat kulit, sehingga kulit menjadi mudah kering.

Ahli dermatologi yang juga pengajar di Universitas Indonesia itu lalu menambahkan bahwa kulit juga butuh perawatan agar tetap sehat dan terjaga. Salah satu pilihannya adalah memakai lotion, yang mengandung bahan khusus untuk kulit.

"Seiring bertambahnya usia, kadar kelembaban kulit berkurang, ditambah lagi dengan faktor luar bisa membuatnya bermasalah," katanya menambahkan.

Selain memakai lotion sebelum tidur, Anda juga dianjurkan untuk tidur sebelum pukul 22.00. Karena, pada saat-saat tersebut, sel kulit membelah dan membutuhkan energi untuk membelah dengan baik. Apabila Anda masih beraktivitas, energi yang ada tidak maksimal untuk merawat kulit.

"Pada saat tidur, kita kan tidak minum, sehingga kandungan air berkurang. Maka kulit butuh perawatan dari dalam," ujarnya.

Paparan tersebut menjadi salah satu alasan yang mendorong Vaseline merilis produk body lotion khusus untuk perawatan malam hari, yaitu Vaseline Healthy White Night Repair. Bedanya dengan yang lain, lotion ini mengandung bio active PPAR yang diyakini berfungsi mencerahkan kulit dari dalam.

Vivi Tri Andari, Technical Management Manager PT Unilever Indonesia, mengungkapkan kandungan bio active PPAR ini akan bekerjasama dengan reseptor dalam kulit untuk membantu proses regenerasi kulit dan menjaga kelembabannya selama tubuh beristirahat.

Dirilisnya lotion khusus untuk perawatan malam ini juga didorong oleh fakta bahwa masih banyak perempuan yang kerap menggunakan lotion yang sama saat pagi untuk dipakai di malam hari. Padahal, fungsinya berbeda.

Menurut Hilda Kitti, Brand Manager Vaseline, dari riset yang dilakukannya diketahui 32 persen pengguna body lotion sudah menggunakan lotion di pagi dan malam hari. Dan 75 persen di antaranya masih menggunakan lotion yang sama. Padahal pada malam hari kulit membutuhkan lotion yang berbeda. Tentunya tanpa sunscreen, tapi lebih berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit ketika tubuh beristirahat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com