Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2013, 15:05 WIB
K. WAHYU UTAMI

Penulis

Sumber SELF

KOMPAS.com – Mendapatkan keindahan bentuk bokong tentu menjadi impian banyak wanita, salah satunya mungkin Anda. Nah, sekarang punya bokong kencang dan berisi bukan lagi sekadar impian. Anda bisa memperolehnya dengan melakukan beberapa gerakan latihan.

Menurut Dianne Sykes Scope, seorang ahli fisiologi olahraga di East Rockaway, New York, latihan squat merupakan olahraga terbaik untuk membentuh tubuh bagian bawah agar terlihat lebih kencang dan berisi.  Berikut beberapa langkah tahapan yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah:

Tip top toner
Berdiri dengan kaki lebih selebar bahu dengan arah jari kaki keluar, dan tangan di pinggul. Posisi hampir jongkok sampai paha sejajar dengan lantai, lalu angkat kedua tumit (seperti pada gambar). Ulangi posisi tersebut selama satu sesi. 

Latihan ini baik untuk bokong, paha, dan betis.

Rear raiser
Buka kaki selebar bahu, turunkan tubuh Anda hingga menyentuh lantai di depan ujung kaki Anda. Angkat ujung jari kaki, juga pinggul dan bokong dengan lutut sedikit ditekuk. Kembali ke posisi awal selama satu sesi. Ulangi lagi.

Latihan ini baik untuk bokong dan paha.

Soccer sculptor
Berdiri dengan kaki selebar bahu, tangan di pinggul. Lakukan gerakan squat, kemudian berdiri sambil angkat dan luruskan kaki ke depan tubuh Anda, seakan sedang menendang bola. Pada saat bersamaan, lengan kiri berayun di depan, dan lengan kanan di belakang. Kembali ke posisi awal. Ganti kaki yang lain untuk menyelesaikan satu sesi. Ulangi.

Latihan ini juga baik untuk bokong dan paha.

SELF Posisi Bicycle Buffer

Bicycle buffer
Berdiri dengan kaki selebar bahu, tangan di belakang kepala. Lakukan squat, kemudian berdiri, angkat lutut kiri ke arah siku tangan kanan. Kembali ke posisi awal. Ganti sisi yang lain untuk menyelesaikan satu sesi. Ulangi.

Latihan ini bagus untuk bokong, paha, dan perut.

Wall whittler
Posisi squatdengan punggung menempel ke dinding, angkat kaki dan paha ke arah dada sambil meletakkan tangan di pinggul. Jaga punggung dan bokong tetap pada posisi lurus menempel di dinding saat mengangkat lutut kiri ke arah dada. Kembali ke posisi awal. Ganti kaki yang lain untuk menyelesaikan satu sesi. Ulangi.

Latihan ini baik untuk bokong dan paha.

SELF Posisi The Perfect Squat

The perfect squat
Arahkan bokong ke belakang (seolah-olah akan duduk di kursi), jaga agar paha sejajar dengan lantai dan lutut di atas jari-jari kaki. Rentangkan kaki selebar bahu dan sangga berat badan Anda pada tumit. Anda harus mampu menggoyangkan jari kaki. Tempatkan tangan di belakang kepala. Busungkan dada, dan tarik bahu ke belakang dan ke bawah. Jaga tulang belakang tetap lurus, tanpa melengkungkan punggung Anda. Tanda bahwa gerakan Anda sudah benar adalah perut Anda terasa kencang.

Latihan ini bagus untuk bokong, paha, dan betis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SELF
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com