Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2013, 16:22 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com - Lingkungan kerja yang positif tak hanya bikin nyaman tapi juga berpengaruh pada performa kerja. Bisa Anda bayangkan bagaimana jika rekan kerja, atasan, bawahan, mengeluh mengenai perusahaan tempat Anda bekerja, juga berbagai kondisi di kantor. Selain sibuk dengan pekerjaan, ia atau barangkali Anda, juga sibuk mengutarakan pandangan negatif terhadap perusahaan.

Sikap negatif ini perlu diatasi oleh diri sendiri namun tak lepas dari bantuan perusahaan.

Konsultan karier, Rene Suhardono mengatakan pandangan atau sikap negatif terhadap perusahaan ini muncul dalam diri karyawan lantaran ia tak punya ruang atau kesempatan untuk mengeksplorasi diri dan potensinya. Bukan semata terkait dengan tidak adanya passion dalam dirinya dalam bekerja.

"Rekomendasikan karyawan ini untuk bereksperimen, mengeksplorasi hal-hal baru," saran Rene dalam acara seminar setengah hari diadakan Universitas Terbuka, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, perusahaan yang memberikan kesempatan kepada karyawan untuk bereksperimen atau mengeksplorasi hal-hal baru di luar pekerjaannya bisa perlahan membantu karyawan tersebut mengubah pandangan negatif terhadap perusahaan.

"Mulai dari hal kecil jika ingin mengubah pandangan negatif terhadap perusahaan. Cuti sehari untuk mengajar anak-anak yang membutuhkan misalnya, bisa menjadi langkah kecilnya," tuturnya.

Lakukan eksplorasi diri dengan menjalankan aktivitas baru, termasuk berinteraksi dengan komunitas yang sudah ada. Dengan begitu, seseorang bisa menemukan hal lain yang menyegarkan, lantaran diberikan kesempatan bereksperimen menemukan hal-hal yang membuatnya lebih positif.

Perusahaan juga bisa mengadakan kegiatan yang melibatkan karyawannya untuk mengeksplorasi diri. Hal ini juga bisa dilakukan dalam pekerjaan. Seperti dengan membangun kebiasaan karyawan untuk mengajukan diri setiap kali terbuka kesempatan melaksanakan proyek baru atau tantangan baru di tempat kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com