Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alicia Silverstone Bentuk Komunitas Donor ASI Vegetarian

Kompas.com - 05/07/2013, 14:25 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Tidak semua ibu yang baru melahirkan bisa langsung lancar menyusui anaknya. Masalah menyusui kerap kali ditemui, salah satunya ASI yang hanya keluar sedikit, sehingga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan si bayi.

Daripada menggunakan susu formula (sufor), banyak ibu yang memilih untuk memiliki ibu ASI atau mencari donor ASI bagi anaknya. Salah satu aktris yang memberi perhatian lebih akan manfaat ASI dan donor ASI, Alicia Silverstone, lantas membentuk sebuah komunitas sharing ASI bernama Kind Mama Milk Share.

Uniknya lagi, komunitas ini merupakan komunitas donor ASI yang diperuntukkan bagi kaum perempuan vegetarian. "Kami adalah komunitas yang mengakui pentingnya pemilihan makanan yang masuk ke dalam tubuh untuk menjaga kesehatan kami," tulis Alicia dalam web komunitas ini.

Dalam situs ini pula, bintang yang melejit lewat film Clueless ini menjelaskan bahwa ide membentuk komunitas ini tercetus ketika ia meliat temannya sesama vegetarian yang baru saja menjalani operasi pengangkatan payudara. Yang lebih memprihatinkan, sang teman baru saja dikaruniai seorang bayi. Akibatnya, ia mengalami masa-masa sulit untuk menyusui bayinya, dan mau tak mau harus mencari donor ASI.

"Selama hidupnya ia sudah bekerja keras menjaga pola hidup yang sehat, maka ia merasa bahwa anaknya punya hak lebih besar untuk hidup lebih baik darinya. Ia pun sangat berhati-hati memilih donor ASI. Tetapi, hampir mustahil untuk mencari tahu gaya hidup para donor yang sebenarnya," ungkap perempuan yang sudah menjadi vegetarian sejak 1998 ini.

Tak dipungkiri bahwa menerima donor ASI dari orang asing yang tak jelas asal-usul dan gaya hidupnya bisa berisiko tinggi. Karena ASI bisa saja membawa penyakit, bakteri, dan juga menularkan HIV ke bayi.

Ini memang bukan pertama kalinya inisiatif untuk berbagi ASI secara online dicetuskan. Namun, sampai saat ini komunitas berbagi ASI ini sudah semakin populer dan banyak dibentuk. Secara tak langsung hal ini mencerminkan bahwa semakin banyak ibu yang sadar akan manfaat ASI untuk pertumbuhan dibandingkan memberikan sufor, dan juga tingkat kepedulian dan empati yang tinggi pada sesama ibu.

Melalui komunitas online ini, ibu dari Bear Blu Jarecki ini mengajak kalangan perempuan vegetarian untuk bergabung, mendonorkan ASI ataupun meminta sumbangan ASI dari sesama vegetarian.

Selain menggagas komunitas sharing ASI bagi ibu vegan, istri musisi Christopher Jarecki ini memang sangat aktif mengampanyekan gaya hidup sehat dan metode pengasuhan anak. Tahun 2009, ia menulis buku berjudul The Kind Diet: About Vegan Nutrition. Alicia juga cukup vokal untuk memperkenalkan teknik mengasuh anak yang disebut premastication.

Premastication adalah teknik yang digunakan untuk memberi makan si kecil dengan cara si ibu mengunyahkan makanan lebih dulu sebelum diberikan kepada anak melalui mulut. Namun teknik yang diperkenalkannya ini menuai kritik ketika ia mengunggah video dirinya tengah melakukan premastication kepada Bear Blu tahun lalu.

"Orang-orang telah memberi makan anak-anak mereka dengan cara ini selama ribuan tahun lalu. Ini adalah proses penyapihan," kilah Alicia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com