Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2013, 22:06 WIB
K. WAHYU UTAMI

Penulis

KOMPAS.com - Sekarang ini transaksi pembelian kerap dilakukan dengan cara online, apalagi bagi Anda yang gemar belanja online. Hanya dengan kartu kredit atau layanan internet banking dari bank Anda, semua bisa diselesaikan dengan mudah. Namun, kemudahan ini ternyata tidak bisa dirasakan oleh semua orang, terutama bagi para penjual.

Meski e-commerce di Indonesia sudah berkembang sangat pesat, ternyata tidak semua penjual barang atau seller mempunyai fasilitas pembayaran online yang mudah. Masih banyak di antara mereka yang menggunakan rekening tabungan pribadi sebagai sarana pembayaran transaksi. Padahal, jumlah transaksi Anda sudah besar.

Menjawab kebutuhan tersebut, DOKU meluncurkan MyShortCart, solusi penerimaan pembayaran online inovatif pertama untuk netpreneur Indonesia. Fungsinya sebagai proses penerimaan pembayaran ke pihak penjual dari pembeli yang bertransaksi online.

"Para seller yang masih bekerja secara individu dan memerlukan pembayaran menggunakan kartu kredit biasanya kesulitan untuk menerima hal ini. Itu sebabnya, kami menyediakan sarana bagi seluruh pembeli untuk membayar dengan langkah apa pun, dan si penjual menerima pembayaran langsung ke rekening mereka," papar Dhenu Wiarsandi, Head of Business Development Doku, saat peluncuran DOKU MyShortCart di Yeyo Restoran, Jakarta, Jumat (5/7/2013).

Dengan kata lain, para penjual dapat mendaftarkan usaha mereka ke akun DOKU MyShortCart. Setelah mengisi data dengan lengkap, pihak penjual akan menerima verifikasi melalui email. Kemudian setelah disetujui, penjual dapat mencantumkan link DOKU MyShortCart pada setiap produk mereka.

"My Short Cut diharapkan dapat menjadi pilihan para netpreneur dalam mengembangkan bisnis dengan sistem pembayaran yang aman, mudah, dan sederhana. Penjual tak perlu lagi bingung jika pembelinya ingin membayar menggunakan kartu kredit atau internet banking lainnya," ujar Imam Akbar Hadikusumo, Product Head, DOKU MyShortCart.

Dengan memberikan fleksibilitas, kelengkapan, kemudahan, kenyamanan, kecepatan, dan keamanan, DOKU MyShortCart diharapkan mampu merangsang jiwa berwirausaha di Indonesia. Para penjual juga tidak perlu dikhawatirkan oleh permasalahan ongkos kirim barang, karena ketika pembeli mengklik pembayaran melalui MyShortCart, maka sudah tercantum fasilitas pilihan ongkos kirim sesuai kota tujuan.

"Pembayaran yang dilakukan oleh pembeli melalui MyShortCart tidak ada limit-nya. Serta, penjualan hanya dibebani biaya transaksi, seperti apabila pembeli membayar pakai kartu kredit penjual dikenakan 4 persen per transaksi, dan bila menggunakan internet banking Rp 5.000 per transaksi," tambahnya.

DOKU MyShortCart menarik para penjual dari industri travel dan retail. Karena, menurut mereka dua industri ini yang lebih sering menggunakan sistem online dalam transaksi pembayarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com