Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zaskia Adya Mecca: Tak Asal Ikuti Tren Busana Muslim

Kompas.com - 08/07/2013, 11:54 WIB
K. WAHYU UTAMI

Penulis

KOMPAS.com – Sebagai artis, tak selalu mudah untuk tetap konsisten mengenakan hijab di industri hiburan yang gemerlap. Namun ini tak berlaku bagi Zaskia Adya Mecca. Delapan tahun sudah Zaskia mengenakan hijab, pakaian yang sudah menjadi identitasnya.

“Jilbab, sudah kayak orang pakai baju sama celana. Gak mungkin keluar rumah pakai baju tapi nggak pakai celana. Semua sudah satu kesatuan,” paparnya di ajang Sisterhood 2013 beberapa waktu lalu di Skenoo Hall Mal Gandaria City, Jakarta.

Meski awalnya ia mengaku ribet berbusana muslim, kini mengenakan hijab menjadi tantangan setiap harinya. Pasalnya, ia harus pintar memadupadankan pakaian yang cocok untuk dikenakan sehari-hari.

“Kalau mau jalan biasanya setengah jam mikirin atasan bawahan harus seperti apa. Tapi sekarang pake jilbab, jadi tantangan tiap hari, aku harus pakai model pakaian kayak apa,” ia menambahkan.

Bagi istri Hanung Bramantyo ini, dalam berbusana muslim yang terpenting adalah keterampilan mix and match. Selain rajin memerhatikan perkembangan tren fashion busana muslim.

Busana muslim yang sedang booming memberikan inspirasi tersendiri. Tren tetap bisa diikuti tapi tak asal ikut-ikutan apalagi memaksakan diri harus sama seperti tren. Ibu dua anak ini mengatakan penting untuk menjaga karakter pribadi dalam berbusana. Baginya, karakter yang paling sesuai untuk dirinya adalah berbusana muslim simpel dan santai.

“Aku nggak mau jadi korban jika ada hal baru yang muncul. Aku tetap dengan karakter aku. Kalau ada tren baru masih cocok sama aku ya diikuti, kalau gak cocok, ya enggak,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com