Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/07/2013, 14:08 WIB
K. WAHYU UTAMI

Penulis

Sumber ehow

KOMPAS.com — Usia semestinya tak menghalangi Anda untuk memiliki lebih banyak teman. Namun, biasanya, jika perempuan memasuki usia kepala tiga, sulit bagi mereka bergaul di tempat yang baru, termasuk mendapatkan teman baru.

Jangan khawatir, beberapa tips berikut ini bisa membantu meningkatkan pergaulan dan menambah teman:

* Ikuti jaringan komunitas, baik melalui situs online atau "kopi darat". Cara ini memungkinkan Anda mendapatkan kesempatan untuk bertemu orang lain dan mendapatkan teman baru.

* Memulai sebuah grup di Facebook dengan nama "30-something" untuk menarik orang-orang masuk ke dalam grup Anda. Dalam grup ini, Anda dapat bertemu dengan orang-orang yang seusia dengan Anda dan memulai topik percakapan yang sejalan.

* Bergabung dengan kelompok dewasa di lingkungan aktivitas sehari-hari Anda. Misalnya, pertemuan agama atau pengajian. Bertemu dengan orang yang sebaya dan memiliki hobi serta minat yang sama dapat memperluas pergaulan Anda mengenal banyak orang.

* Mengikuti kelas-kelas latihan yang sesuai dengan usia Anda, seperti kelas memasak. Sementara Anda belajar sesuatu yang baru, Anda dapat berinteraksi dengan orang lain dari usia yang sama dan yang memiliki minat yang sama.

* Anda juga dapat bergabung ke dalam sebuah klub sesuai dengan hobi yang Anda gemari, misalnya hobi makan. Biasanya, klub mengenai makanan diminati banyak orang. Dengan bergabung dalam klub tersebut, Anda bisa bertemu banyak orang yang mempunyai hobi sama dengan Anda. Makanan dan persahabatan selalu bersamaan.

* Berlibur dengan tur grup. Biasanya, mereka yang mengambil tur grup karena usia mereka yang sudah cukup dewasa dan tidak ada waktu mengurus detail perjalanan. Dengan begitu, Anda dapat berlibur bersama orang-orang sebaya yang lebih “nyambung” dengan Anda.

Mudah bukan? Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ehow
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com