Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/07/2013, 16:05 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

Sumber Forbes
KOMPAS.com — Majalah Forbes merilis daftar 100 perempuan yang paling berpengaruh di dunia, dari berbagai kalangan dan usia. Dalam daftar The World's 100 Most Powerful Women, tercatat nama sejumlah selebritas perempuan yang terbilang muda dibandingkan perempuan berpengaruh lainnya. Tak hanya populer sebagai selebritas, mereka juga entrepreneur dan filantropis.

Apa yang membuat selebriti muda ini diperhitungkan?  Sehingga punya pengaruh besar sejajar dengan perempuan hebat lainnya seperti Aung San Suu Kyi, Michelle Obama, Oprah Winfrey, Ratu Elizabeth II, Marissa Mayer, termasuk perempuan Indonesia Sri Mulyani yang masuk dalam urutan ke-55 The World's 100 Most Powerful Women.

Kekuatan para perempuan muda ini bukan hanya terletak pada popularitasnya. Sebagian berdaya karena berani bersuara, selain juga memiliki kepedulian tinggi. Sebagian lagi tak terlena dengan popularitas keartisan, namun juga kreatif memaksimalkan finansial salah satunya dengan berbisnis dan dikenal sebagai entrepreneur sukses karenanya.

1. Beyonce Knowles
Tercatat sebagai aktris, entrepreneur, dan musisi, Beyonce menempati urutan ke-17 dalam daftar perempuan paling berpengaruh di dunia versi Forbes. Ibu satu anak berusia 31 ini dinilai memiliki banyak pencapaian dalam kariernya. Bukan hanya karena ia adalah istri musisi Jay-Z.

Beyonce menunjukkan kemampuan dirinya berdaya dengan berbagai kreativitasnya. Ia menghasilkan 2 juta dollar di setiap kota yang mengundangnya tampil menyanyi. Beyonce juga membintangi iklan produk minuman dan label fashion. Sebagai entrepreneur, Beyonce sukses mengembangkan lini pakaian House of Dereon.

2. Angelina Jolie
Jolie menempati urutan ke-37 sebagai aktris dan filantropis. Perempuan berusia 38 dengan enam anak ini tak pernah lepas dari pemberitaan kontroversial. Salah satu hal yang membuatnya dinilai punya pengaruh besar adalah keputusannya melakukan masektomi lantaran ia berasal dari keturunan yang berisiko kanker payudara.

Keputusannya ini mengundang perdebatan, tetapi bukan Jolie kalau tak bisa mengatasi kontroversi. Ini sebabnya ia dinobatkan sebagai perempuan paling berpengaruh terutama di Hollywood.

3. Lady Gaga
Musisi dan filantropis berusia 27 tahun ini masuk dalam daftar perempuan paling berpengaruh di urutan ke-45.

Sebagai musisi, Lady Gaga mencatat prestasi besar, terutama terkait penghasilan. Pada tur Januari ia berhasil mengumpulkan 168 juta dollar. Hingga rangkaian turnya selesai, ia berhasil meraup penghasilan 200 juta dollar.

Lady Gaga juga punya banyak follower Twitter berjumlah 38 juta, dan 58 juta fans di Facebook. Bisa jadi jumlahnya terus bertambah saat ini.

4. Shakira Mebarak
Juri baru di program televisi NBC, The Voice, ini membawa daya tarik tersendiri. Dengan kehadirannya, kompetisi menyanyi tersebut berhasil menggaet lebih dari 13 juta penonton.

Ibu satu anak yang memulai karier bermusiknya di usia 13 tahun ini telah menjual lebih dari 50 juta album di seluruh dunia. Pengakuan datang dari sejumlah kalangan. Ia memenangi dua Grammy Award dan tujuh Latin Grammies.

Perempuan berusia 36 ini juga terpilih sebagai duta UNICEF dan mendirikan Barefoot Foundation pada 1996 di bidang pendidikan usia dini. Atas berbagai pencapaiannya, Shakira menempati urutan ke-52 dalam The World's 100 Most Powerful Women.

5. Gisele Bundchen
Supermodel, entrepreneur, dan  juga filantropis berusia 32 tahun ini masuk dalam urutan ke-95 The World's 100 Most Powerful Women.

Perempuan asal Brasil ini tercatat sebagai supermodel terlaris di dunia. Gisele bukan hanya kebanjiran iklan dan menjadi model label fashion ternama. Ia juga sukses membangun partnership untuk lini lingerie, aksesori, dan alas kaki bermerek Ipanema.Ia juga berhasil mengembangkan bisnis produk kecantikan ramah lingkungan Sejaa Pure Skin Care.

 
FORBES Selebriti muda paling berpengaruh di dunia: Lady Gaga, Gisele.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com