Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/07/2013, 08:22 WIB
Rahman Indra

Penulis

Sumber yahoo.com

KOMPAS.com- Pada majalah Cosmopolitan, Gwyneth Paltrow, aktris yang juga musisi ini mengungkapkan betapa dirinya yakin bahwa bahan-bahan alami sangat baik untuk tubuh. Namun, ada beberapa di antaranya yang juga perlu diwaspadai. Berikut enam di antaranya:

1. Buah apel. Ada yang bilang makan buah apel dengan bijinya tidak masalah. Namun, ada baiknya berpikir dua kali sebelum melakukannya. Karena biji apel mengandung amygdalin, yang dianggap beracun dan tidak baik untuk tubuh karena mencegah darah mengikat oksigen. Tanpa harus menghentikan kebiasaan makan buah apel, sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi buah apel beserta bijinya.

2. Tembakau. Ya, merokok memang tidak baik. Meski demikian seperti diketahui tembakau merupakan tanaman alami yang cukup banyak diproduksi. Hanya saja mesti disadari ketika rokok menjadi salah satu penyebab kematian yang cukup banyak terjadi di seluruh dunia.

3. Udang. Ada baiknya mewaspadai asal udang sebelum mengonsumsinya. Karena bisa jadi udang yang diimpor misalnya, mengandung atau sudah terkontaminasi dengan bahan kimia, antibiotik, dan lainnya. Tak ada salahnya mewaspadai makanan yang akan dikonsumsi.

4. Sinar matahari, merupakan sumber vitamin D yang memperkuat tulang. Namun, tidak lantas Anda berjemur berlebihan. Terpapar sinar matahari dalam waktu lama membuat kulit rentan terkena penyakit seperti Melanoma, tipe kanker kulit yang berbahaya. Dianjurkan jika pun ingin berjemur di bawah sinar matahari memakai tabir surya, topi dan payung bila perlu.

5. Garam. Makanan tanpa garam mungkin hambar. Benar adanya, tetapi studi yang dilakukan tim peneliti dari Harvard baru-baru ini menyebutkan bahwa konsumsi garam berlebihan justru menyebabkan penyakit yang berhubungan dan kardiovaskuler. Intinya jangan sampai berlebihan dalam konsumsi garam.

6. Bunga terompet. Bentuknya bisa jadi menarik dan menggoda, tapi berhati-hatilah. Bunga ini tak seindah bentuknya. Hampir semua bagian dari bunga ini berbahaya dan beracun jika dikonsumsi ataupun dibuat jadi minyak wangi. Sebaiknya cermati bahan baku parfum Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com