Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wynda Mardio, Sukses Berbisnis Steak Wagyu Murah - Bagian I

Kompas.com - 12/07/2013, 13:30 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Jenuh menjadi karyawan selama 10 tahun, Wynda Mardio yang gemar menyantap steak wagyu akhirnya terpikir untuk membuat bisnis steaknya sendiri yaitu Steak Hotel by Holycow.

"Sempat prihatin karena tidak semua orang bisa menikmati steak wagyu dengan harga yang mahal. Makanya, saya berpikir bagaimana caranya menyajikan steak wagyu dengan harga murah," ungkap Wynda Mardio pemilik Steak Hotel by Holycow, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Bermodal nekat, Wynda mendirikan warung steak pertamanya pada tanggal 15 Maret 2010. Awalnya semua serba sederhana, warungnya pun hanya berupa warung tenda tak permanen yang dibangun di depan sebuah bengkel kaca film.

"Karena masih numpang, jadinya baru buka pas sore hari, pagi sampai siang buat bengkel," kenangnya.

Di hari pertama pembukaan warung steaknya ini, Wynda mengaku sempat mengalami hari yang rumit. Ternyata proses pembuatan dan penyajian steak cukup rumit dan butuh waktu yang lama.

"Lamanya karena staf hanya ada lima orang dan saya pun merangkap jadi koki saat itu. Sedangkan tamu-tamu undangan dan pelanggan pertama banyak berdatangan. Jadi antriannya panjang. Ditambah lagi saat itu hujan, dan tendanya bocor. Itu kacau sekali," kenangnya sambil tertawa.

Setelah melewati hari yang panjang, ia mulai menemukan ritme yang sesuai untuknya. Usahanya perlahan-lahan mulai berjalan dengan baik, dan pengunjungnya pun bertambah banyak. Rupanya, trik marketingnya untuk menjual steak wagyu dengan harga murah bisa menarik minat banyak orang.

Apa yang dilakukannya sehingga bisa menjual wagyu dengan harga murah? Di Steak Hotel by Holycow, Wynda menjual steaknya dengan harga yang jauh lebih murah dibanding wagyu di hotel-hotel. Harga jual yang lebih murah ini didapatkannya dengan cara menekan pembiayaan listrik, biaya pemasaran dan mengatur alokasi anggaran yang lainnya. Ia juga mengaku tak mengambil untung yang terlalu besar dari satu porsi steak yang dijualnya.

Lanjut ke Bagian II

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com