Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/07/2013, 13:57 WIB
K. WAHYU UTAMI

Penulis

Sumber The Nest

KOMPAS.com – Tak hanya perempuan yang memedulikan penampilan mereka di hadapan pasangan, para pria pun merasakan hal serupa. Pria yang tidak nyaman dengan bentuk badannya dapat memengaruhi hasrat seksualnya.

Dr Pam Spurr, penulis Sexy Tips: A Couple's Guide to Uninhibited Sexual Pleasure, mengatakan jika pria merasa tidak nyaman dengan bentuk tubuhnya sendiri, maka ia akan “membiarkan” dirinya untuk mengkonsumsi makanan apapun sehingga membuat berat tubuhnya makin meningkat. Kepercayaan diri pun memudar, termasuk saat melakukan aktivitas seksual.

“Tapi kabar baiknya, keadaan seperti itu masih bisa diselamatkan. Cobalah jalan-jalan bersamanya, lakukan hobi yang sama. Setelah Anda berhasil membangun beberapa aktivitas bersama, maka mulai kendalikan dirinya untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat,” saran Dr Spurr.

Selanjutnya, tingkatkan kepercayaan diri mengenai citra tubuhnya. Mintalah padanya untuk berbagi semua keluh kesah yang ia hadapi, baik bicara langsung maupun melalui hubungan telepon atau email. Dengan begitu, si dia akan belajar bagaimana membangun komunikasi dengan pasangan, dan mengalihkan emosinya termasuk mencegahnya "melarikan" diri pada makanan.

Terkait kehidupan seks pasangan menikah, tetaplah berbicara dengannya. Katakan padanya Anda akan lebih senang dengan aktivitas foreplay daripada seks penetratif penuh. Hubungan seks yang bahagia adalah ketika Anda memahami kebutuhan masing-masing dan siap untuk memberi serta menerima.

Begitu dia sedikit lebih aktif, makan menjadi lebih baik, dan lebih banyak terbuka berbicara dengan Anda, aktivitas seksnya pun mungkin akan meningkat. Tapi jika dia masih tertekan, ia mungkin memerlukan pengobatan lebih lanjut dengan tenaga ahli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Nest
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com