Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantang Menyerah dan Berani, Bekal Awal Berwirausaha

Kompas.com - 13/07/2013, 11:52 WIB
K. WAHYU UTAMI

Penulis

KOMPAS.com — Saat ingin memulai sebuah usaha, banyak orang terfokus hanya pada masalah permodalan. Padahal, ada hal penting lain yang wajib dimiliki saat memutuskan berwirausaha, yakni sikap mental pantang menyerah dan keberanian.

Menurut hasil polling online Kompas Female, tiga modal utama dalam berwirausaha di antaranya modal usaha yang cukup, pantang menyerah, dan partner yang setara. Hampir 74 persen responden yang ikut mengisi polling mengatakan, modal utama mereka saat akan membuka usaha ialah sikap pantang menyerah.

Hanya 23 persen responden yang memilih modal sebagai bekal berwirausaha. Selebihnya, empat persen mengaku perlu memiliki partner yang setara sebagai modal utama dalam berwirausaha.

Pada acara talkshow  Dari Hobi jadi Bisnis? Bisa! dalam rangkaian kegiatan Sekar Womenpreneur Awards di Jakarta Convention Center beberapa waktu lalu, perencana keuangan, Aidil Akbar Madjid, mengatakan, keberanian juga perlu dimiliki saat berwirausaha.

Keberanian inilah yang membuka peluang. Karena dengan berbekal keberanian, saat Anda punya ide bisnis yang brilian, ide ini bisa Anda presentasikan kepada pemilik modal. Problem permodalan pun terselesaikan berkat sikap mental positif.

"Pastikan pada saat kita memulai bisnis, kita harus mempunyai mental bisnis dulu. Harus siap-siap untuk rugi juga, termasuk dalam bisnis waralaba (yang sudah sukses)," imbuh pria yang memulai kariernya sejak tahun 1994 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com