Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/07/2013, 12:30 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com - Perkembangan busana muslim di Indonesia semakin pesat. Kalangan desainer yang fokus merancang busana muslim, tak hentinya menampilkan ragam koleksi terkini. Ajang fashion week dan pameran yang mengangkat geliat busana muslim juga semakin banyak. Pilihan berbusana santun lebih banyak tersedia. Di pasar ritel, pengusaha kecil menengah juga semakin banyak memberikan pilihan gaya berpakaian Islami.

Dengan perkembangan seperti ini, busana muslim Indonesia semakin menguatkan posisinya untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Ambisi untuk menjadikan Indonesia sebagai kiblat busana muslim di Asia pada 2020 dan di dunia pada 2025 pun semakin mungkin terealisasi.

Pasalnya, desainer dan pengusaha ritel tak pernah kehabisan ide dan selalu mampu menuangkannya menjadi busana siap pakai dengan kreativitas tanpa batas. Selalu ada model terkini yang bisa diikuti pengguna busana muslim. Bahkan, desainer asing pun mengaku sulit mengikuti perkembangan busana muslim, karena tren dan gaya seringkali berganti dengan cepatnya.

"Desainer asing mengatakan busana muslim di Indonesia sulit diikuti karena setiap enam bulan berubah," tutur Ketua Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia, Taruna K Kusmayadi, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Taruna, busana muslim Indonesia perlu lebih banyak ditampilkan di luar negeri melalui pameran atau lebih banyak tersedia di department store.

"Kami berencana menggelar pameran di ASEAN pada 2014," ungkapnya.

Selain tampil di berbagai ajang mode di luar negeri, busana muslim dari Indonesia juga perlu merajai pasar domestik dengan merangkul banyak penggemar. Agar bisa dipakai berbagai kalangan dan merangkul lebih banyak pengguna, Taruna menyarankan sebaiknya hadirkan busana Islami.

"Busana Islami tidak harus komplet dengan kerudung. Busana Islami bisa lintas agama, bisa dipakai siapa saja, bukan hanya mereka yang berkerudung," tandasnya.

Baca juga:
Selera Berbusana Muslim di Paris
Perempuan Arab Terpana Melihat Busana Muslim Indonesia
Optimisme Itang Yunasz Akan Busana Muslim
Busana Muslim dengan Inspirasi China hingga Skotlandia


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com