Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/07/2013, 17:51 WIB
K. WAHYU UTAMI

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Siapa sih yang tidak suka dibilang tampak muda? Eits... pasti di antara Anda ada yang langsung mengacungkan tangan. Ya, pujian seperti itu ternyata mampu meningkatkan rasa percaya diri kita. Setengah dari kaum wanita di Inggris percaya itu merupakan komentar positif mengenai bagaimana mereka terlihat.

Menurut studi terbaru dari Transform Cosmetic Surgery, sejumlah pujian yang mampu meningkatkan rasa percaya diri seorang perempuan antara lain ketika dibilang terlihat lebih muda (43,3 persen responden). Kemudian, pujian mengenai keindahan rambutnya, sehingga perempuan akan merasa cantik sepanjang hari dan mengeluarkan aura positif.

Urutan berikutnya adalah, dipuji karena Anda terlihat lebih kurus, dan bahwa anak-anak berperilaku baik. Pujian lain yang termasuk dalam daftar 10 pujian favorit perempuan adalah, ketika Anda disebut menyerupai selebriti, serta taman Anda dipuji tetangga. Semua pujian ini kontan membangkitkan kepercayaan diri yang tinggi.

Kota dengan penduduk yang paling mungkin untuk memberikan lebih dari 10 pujian sebulan adalah Liverpool. Ini juga memperkuat klaim bahwa orang Inggris Utara lebih ramah. Kota selanjutnya yang penduduknya gemar memuji adalah Belfast dan Plymouth.

Memberikan pujian sebenarnya sebuah "prestasi" langka bagi kebanyakan orang Inggris. Seperenam orang dewasa menyatakan bahwa mereka tidak pernah memberikan pujian kepada orang yang mereka kenal. Sedangkan 48,6 persen mengaku tak pernah memuji jika berhubungan dengan orang yang belum dikenal.

Sementara, kota dengan orang-orang yang pelit memuji adalah Cardiff, di mana seperlima dari masyarakatnya jarang memuji orang-orang di sekitar mereka. Selanjutnya, diikuti oleh kota Glasgow dan Manchester.

Hanya seperlima dari semua responden yang memberikan 10-20 pujian tiap bulan untuk teman-teman, keluarga, dan kolega mereka. Lalu, hanya lima persen yang meluangkan waktu untuk menawarkan kata-kata pujian kepada orang asing.

"Penelitian ini mengungkapkan betapa pentingnya memuji satu sama lain, dan akhirnya menyebarkan pikiran dan perasaan positif,” kata seorang juru bicara untuk Transform Cosmetic Surgery, yang telah meluncurkan National Feel Good Campaign on Friday.

Menurutnya, memberi pujian itu perlu. Kita harus memberikan lebih banyak waktu untuk saling bercerita pada orang yang kita cintai dan rekan-rekan sekitar kita untuk mengatakan betapa hebatnya mereka. Hal sederhana dengan memberikan senyuman kepada orang asing pun sudah merupakan bentuk penghargaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com