Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/07/2013, 12:44 WIB
K. WAHYU UTAMI

Penulis

KOMPAS.comKomik masih menjadi bacaan kegemaran anak-anak. Jenis bacaan ini terdiri atas ilustrasi dan teks, sehingga jika Anda menjembatani bacaan itu dengan benar, maka komik akan mampu meningkatkan daya imajinasi anak dengan baik. Namun, agar anak dapat membaca komik yang memberi manfaat buatnya, Anda harus pandai memilih komik yang baik dan sesuai usia anak.

Biasanya, anak sudah memiliki satu tema komik yang mereka gemari. Akan tetapi, sebelum memberikan lebih banyak komik serupa, sebaiknya Anda membacanya lebih dulu. Jelaskan pada anak mengenai karakter tokoh dan bahasa yang digunakan. Paparkan pula apa moral cerita dari komik tersebut yang bisa diambil oleh anak.

Anda berperan sebagai penyeleksi komik-komik yang akan dibaca anak, apakah di dalam komik itu mengandung unsur seks, kekerasan, atau bahasa yang kasar. Kemudian, perhatikan juga tiga hal berikut sebelum memberikan komik yang baik untuk anak-anak:

1. Perhatikan siapa penulis atau komikusnya. Apakah ia memiliki latar belakang menulis yang baik dengan target pasar anak-anak?

2. Carilah penggunaan grafis yang ringan dan tidak ribet.

3. Tanyakan pada staf toko, bagian mana komik yang baik untuk anak-anak. Misalnya, sekarang komik yang populer di kalangan anak-anak bertema superhero, seperti komik-komik keluaran Marvel atau DC Comics. Meski begitu sebaiknya Anda pelajari dahulu apakah komik-komik tersebut banyak menampilkan unsur kekerasan, seks, dan sebagainya.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kembali saat akan membawa pulang bacaan komik untuk anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com