Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2013, 15:14 WIB
T:
Usia saya 22 tahun, tapi banyak yang mengira saya berumur jauh lebih tua. Saya memang menyukai gaya berpakaian yang konservatif. Bagaimana menyiasati agar tampilan saya bisa sesuai dengan usia, namun tidak mengorbankan personal style yang cenderung menyukai tampilan formal? (Intan, 22)        

J:
Hi Intan yang selalu tampil konservatif. Sebaiknya, perubahan dimulai dari gestur kamu terlebih dahulu menjadi lebih rileks dan effortless seusia wanita 22 tahun pada umumnya.

Setelah itu, perubahan dari make-up dan hair do. Sapuan natural atau nude color dengan sentuhan powder pink, peach, juga kuning kunyit, bisa menambah kesan muda pada penampilan kamu.

Sekarang waktunya busana dan aksesori. Kalau kamu sudah mempunyai jas atau blazer yang konservatif, padukan dengan dalaman berpotongan adolescent, colorful, ringan, dan rileks seperti blouse fuchsia berdetail ruffles atau terusan kaus yang gombrong.

Untuk bawahan, kamu bisa memakai legging atau skinny pants. Tambahkan bros, atau korsase, juga statement necklace. Perkuat dengan sling bag atau tote bag yang bermotif atau terbuat dari bahan kanvas. Untuk alas kaki, pakailan boot.

Nah, kamu akan terlihat lebih muda. Mulai sekarang, bukalah majalah-majalah atau blog fashion yang mempunyai potensi pembaca seusia kamu sebagai referensi….

Salam,
Ichwan Thoha
Perancang, penata gaya, penulis, sketcher, pembicara, dan pengajar fashion, pemilik brand Ichwan Thoha, Newfangled, Paradox, Exodu, Radically Edgy Bowtie, Penulis buku "103 Fashion Quotes by Ichwan Thoha"
Twitter @ichwan_thoha
www.ichwanthoha.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com