Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2013, 15:58 WIB
KOMPAS.com - Ketika perut semakin membesar saat hamil, biasanya timbul bayangan urat kebiruan di bawah kulit atau varises vena.

Garis biru yang disebut varises vena ini muncul akibat perubahan metabolisme di tubuh ibu hamil, yakni perubahan kadar hormon progesteron pada tubuh. Varises juga bisa disebabkan oleh terbendungnya aliran darah pada pembuluh vena karena adanya penekanan pembuluh vena di perut akibat ukuran rahim membesar.

Varises vena pada kehamilan dapat diatasi dengan tindakan pencegahan maupun mengurangi gejala yang muncul. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

* Perhatikan posisi tubuh dalam aktivitas sehari-hari.
Hindari berdiri atau duduk terlalu lama. Bila harus duduk untuk waktu lama, sebisa mungkin naikkan kaki lebih tinggi daripada panggul. Bila berbaring, tinggikan kaki dengan menempatkan bantal di bawah kaki. Saat berbaring, pilih posisi miring ke kiri agar pembuluh vena yang terletak di belakang rahim agak ke kanan dan tidak tertekan.

* Hindari mengangkat barang berat.
Mengangkat barang berat membuat tekanan pada pembuluh darah vena semakin parah. Untuk mengangkat barang, pertama-tama seimbangkan tubuh dengan meregangkan kaki dan berdiri tegak. Kemudian, turunkan tubuh dengan menekuk lutut, jangan membungkuk dengan menitikberatkan beban pada pinggang. Angkat barang dengan kekuatan tangan dan kaki, bukan dengan kekuatan punggung.

* Hindari kenaikan berat badan berlebihan.
Dengan menjaga berat badan dan mengupayakan berat badan tidak mengalami kenaikan berlebih, maka beban di kaki dapat berkurang. Ini akan mengurangi atau mencegah terjadinya varises vena di kaki.

* Hindari mengejan berlebihan saat pup.
Mengejan berlebihan akan memperparah kondisi pembuluh darah balik vena sehingga menyebabkan terjadinya wasir. Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat serta makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin C untuk membantu elastisitas pembuluh darah dan kulit.

* Hindari pakaian ketat atau menggunakan korset.
Pakaian yang terlalu ketat dan korset, terutama korset yang sampai ke kaki, dapat mengganggu aliran darah. Kondisi ini bisa menjadi pencetus varises vena.

* Lakukan olahraga teratur.
Olahraga ringan seperti jalan kaki atau berenang selama kurang lebih 20-30 menit per hari, mampu menjadikan pembuluh darah vena berfungsi dengan baik dalam memompa darah ke jantung. Dengan begitu, akan mengurangi penekanan di pembuluh darah setempat, sehingga mencegah terjadinya varises.

* Lakukan relaksasi sederhana untuk kaki.
Caranya, cukup duduk di kursi, angkat kaki dan putar-putar pergelangan kaki secara perlahan dan teratur agar pembuluh darah vena di seputar pergelangan kaki aktif memompa darah ke jantung. Lakukan latihan ini sebanyak 10 kali putaran pada masing-masing kaki dan ulangi setiap 10 menit.

* Pilih alas kaki yang mampu menopang tubuh dan nyaman dipakai.
Alas kaki yang baik mampu membuat kaki lebih nyaman bergerak dan menopang tubuh dengan baik. Pilih alas kaki bertumit rendah agar dapat menyeimbangkan tubuh yang makin condong ke depan akibat semakin besarnya perut. Alas kaki bertumit rendah juga membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga dapat mencegah timbulnya varises. Hindari menggunakan sepatu atau sandal yang sempit. Ukurlah sepatu pada siang hari karena saat itu ukuran kaki agak membesar sehingga dapat memilih ukuran yang pas. Selain itu, hindari ujung yang lancip agar dapat menyediakan ruang yang nyaman bagi jari-jari kaki.

* Gunakan stocking khusus betis.
Manfaatkan kaus kaki pendukung (stocking) untuk membantu menyangga betis agar pembuluh darah vena dapat maksimal memompa darah ke jantung sehingga tidak terjadi sumbatan. Gunakan sebelum ibu turun dari tempat tidur dan buka saat menjelang tidur.

(Tabloid Nakita/Utami Sri Rahayu)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com