Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2013, 15:58 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Boldsky
KOMPAS.com — Keguguran merupakan peristiwa traumatik bagi perempuan. Selain mengalami trauma secara emosional, tubuh juga akan mengalami banyak trauma fisik selama keguguran. Misalnya, Anda akan kehilangan darah yang cukup banyak sehingga tubuh menjadi lemas.

Agar masalah ini tak semakin parah dan mengganggu kesehatan, Anda perlu melakukan diet untuk mengimbangi semua nutrisi yang hilang dari tubuh. Ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi untuk membantu memulihkan fisik Anda. Selain membantu pemulihan fisik, pola diet seusai keguguran membantu menghibur Anda secara emosional.

1. Susu
Ketika hamil, tubuh membutuhkan banyak kalsium untuk membantu pertumbuhan bayi. Namun, saat mengalami keguguran, kalsium dari tubuh akan terbuang percuma. Apalagi pada dasarnya tulang perempuan sangat mudah kehilangan kalsium. Ini sebabnya, perempuan yang keguguran harus mengonsumsi susu untuk menambah kalsium tubuh. Minumlah sekitar 2-4 gelas per hari. Susu akan menambah kalsium, protein, dan fosfor dalam tubuh.

2. Produk olahan susu
Jika Anda merasa bosan minum susu, ganti saja konsumsi susu ini dengan produk olahan lainnya, misalnya keju dan yogurt.

3. Daging sapi
Saat keguguran, tubuh Anda juga kehilangan banyak zat besi (karena pendarahan). Anda harus mengembalikan zat besi dalam tubuh untuk mencegah kekurangan darah atau anemia. Sumber zat besi terbesar adalah daging merah (seperti daging sapi atau kambing) dan hati. Sayuran hijau juga mengandung zat besi meskipun kadarnya tidak setinggi daging sapi.

4. Telur
Ketika mengalami keguguran, tubuh akan terasa lelah dan lemas. Anda membutuhkan makanan yang bisa meningkatkan stamina. Telur adalah salah satu makanan yang mengandung lemak, protein, dan nutrisi esensial untuk tubuh.

5. Comfort food
Keguguran bisa menyebabkan trauma fisik dan mental. Oleh karena itu, Anda bisa membuat diri Anda nyaman dengan menikmati makanan yang menenangkan. Tak salah kok untuk menikmati keripik kentang, atau ayam goreng tepung kesukaan Anda. Sekalipun nutrisinya sedikit tergerus karena proses penggorengan, namun comfort food bisa meningkatkan mood Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com