Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2013, 14:34 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com — Meski terlihat cantik dengan balutan gaun polkadot biru karya Jenny Packham saat memamerkan bayi laki-lakinya di St Mary's Hospital, London, ada yang berbeda dari penampilan The Duchess of Cambridge itu. Perut Kate Middleton masih terlihat buncit, seperti sedang hamil lima bulanan.

Perut buncit setelah melahirkan atau biasa disebut mummy tummy memang biasa terlihat pada ibu-ibu yang baru saja melahirkan. Perut yang membuncit ini memang tak langsung menghilang setelah melahirkan. Namun, berbeda dari selebritas perempuan lain, Kate justru tak menyembunyikan perutnya yang masih membesar dengan baju yang longgar.

Keputusan Kate untuk tampil apa adanya ternyata mendapat pujian dari banyak komunitas ibu di seluruh dunia, terutama Inggris. Salah satu pendiri komunitas Netmums, Siobhan Freegard, mengungkapkan bahwa dengan penampilannya hari ini, Kate sudah menghapus mitos bahwa semua ibu yang baru melahirkan (postpartum) harus tampil sempurna.

"Hanya dengan berdiri beberapa menit di tangga Lindo Wing, Kate sudah memberi banyak contoh positif dan jadi panutan ibu-ibu yang baru saja melahirkan. Kate menunjukkan semua proses menjadi ibu adalah hal yang alami, dan yang alami itu tampak indah," katanya.

Menurut dia, selama ini ibu yang baru melahirkan seperti mendapatkan tekanan begitu kuat untuk segera langsing. Ini disebabkan para selebritas perempuan yang justru berlomba-lomba menunjukkan bahwa perut mereka sudah mengecil dan kembali langsing segera setelah melahirkan. Ada yang langsung memakai jeans ketat, ada pula yang sudah tampil di catwalk memeragakan lingerie di show Victoria's Secret.

Hal semacam itu membuat para ibu yang baru melahirkan merasa tidak cantik karena tubuhnya yang melar. Namun, Kate justru membuktikan dirinya menjadi panutan positif dan sehat untuk ibu-ibu di seluruh dunia.

Kaum perempuan yang tergabung dalam komunitas Mumsnet pun tak henti-hentinya memberikan pujian kepada Kate atas keberaniannya menunjukkan mummy tummy-nya. Salah satu anggota komunitas ini menulis, "Oh, ini sangat indah. Dia sangat fantastis karena berani menunjukkan bentuk tubuhnya setelah melahirkan."

Sedetik kemudian ada pula yang menulis, "Aku suka karena Kate tak berusaha menyembunyikan perutnya yang besar. Hei semuanya, ini lho bentuk tubuh perempuan setelah melahirkan!"

Ada pula anggota komunitas yang begitu hanyut dalam pemandangan tersebut, "Saya sempat menitikkan air mata melihatnya. Saya senang Kate tak mencoba menyembunyikan perutnya seperti yang dilakukan banyak selebritas. Ini sangat bagus untuknya."

Twitter pun tak kalah ramai dengan kicauan anggota komunitas ini. Stacey Cook menuliskan, "Senang melihat Kate tampil dengan perut seperti ini! Tidak seperti selebritas yang baru berani keluar saat perut sudah langsing."

Ju Lincoln juga menulis, "Bayi kerajaan yang sangat lucu, dan sangat menyenangkan melihat Kate masih memiliki mummy tummy seperti kita perempuan normal lainnya. Dan aku masih mencoba merampingkan perutku!"

Keberanian Kate yang seorang anggota kerajaan untuk tampil dengan perut yang masih buncit secara tak langsung membuat banyak ibu menjadi lebih bangga dengan hal ini. Menurut Clare Byam-Cook, ahli perawatan anak, paling tidak Kate membutuhkan waktu 10 hari untuk bisa terlihat "normal". Waktu 10 hari ini dibutuhkan untuk mengembalikan kontraksi rahim agar kembali ke ukuran normal.

Byam-Cook menyarankan agar ibu baru untuk lebih santai dan menikmati kehidupan baru bersama bayinya. "Jangan terlalu memikirkan berat badan. Dalam banyak kasus, berat badan karena hamil ini akan berkurang dengan sendirinya. Menyusui juga membantu penurunan berat badan dan membantu rahim berkontraksi lebih cepat," sarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com