Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2013, 12:18 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com - Busana hari raya untuk perempuan berhijab maupun non hijab identik dengan kaftan, gamis atau busana longgar yang kerap disebut baju kalong. Biasanya model busana seperti ini yang menjadi pilihan untuk baju Lebaran. Namun, selera kalangan muda dalam berbusana hijab mulai bergeser meninggalkan kaftan.

Desainer Barli Asmara yang baru saja meluncurkan lini busana hijab dan non hijab di Jakarta Islamic Fashion Week mengungkapkan kalangan muda mulai meninggalkan kaftan untuk busana hari raya.

"Kaftan tetap ada dan jadi pilihan busana hari raya, namun untuk kalangan muda mereka lebih suka tampil padu padan atasan, bawahan, dengan luaran panjang atau long dress dengan luaran panjang, menciptakan tampilan bertumpuk dengan layering. Kalaupun memilih gamis atau kaftan, ada siluet yang membuat tampilan lebih gaya seperti modifikasi draperi pada sisi samping busana," tuturnya saat berbincang bersama Kompas Female di sela peluncuran Majalah Laiqa di Prive fX Sudirman Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dengan label B by Barli Asmara, desainer muda ini juga memberikan pilihan busana hijab dan non hijab dengan konsep padu padan. Menurut hasil riset yang dilakukannya sebelum meluncurkan lini busana siap pakai untuk kalangan hijaber, kalangan muda lebih menyukai konsep busana muslim padu padan tanpa meninggalkan pakem. Pergeseran ini ditemuinya satu tahun belakangan.

Kalangan muda yang dimaksud Barli mulai dari usia 15. Busana santun dengan gaya padu padan ini tak hanya menyasar kalangan berhijab, namun juga bisa digunakan perempuan yang belum berhijab bahkan non muslim sekalipun.

"Dulu tidak ada pilihan berbusana muslim untuk hari raya, hanya kaftan saja. Sekarang hijaber muda mulai meninggalkan kaftan karena pilihan gaya busananya pun lebih banyak," ungkapnya.

Gaya muda
Gaya busana hijab dan non hijab yang digemari kalangan muda utamanya mengandalkan atasan berupa blouse atau luaran, dipadukan dengan bawahan seperti rok, legging. Namun, legging biasanya dipakai dengan lapisan luar menggunakan rok panjang atau terusan panjang berbahan ringan.

"Yang penting busana hijab dan non hijab ini mengikuti pakem busana muslim, seperti tidak ketat pada bagian dada, bokong, jadi tak terlihat lekukan pada bagian tubuh ini," jelas Barli.

Model busana hijab dan non hijab gaya anak muda juga biasanya mengandalkan model ponco, jaket, terusan yang kecenderungannya berbahan ringan serta potongan longgar. Alhasil bahan sifon dan satin pun menjadi andalan untuk busana hijab dan non hijab yang memenuhi selera anak muda ini.

Bagaimana dengan Anda? Seperti apa busana hari raya pilihan Anda, tetap dengan kaftan atau mulai beralih ke konsep padu padan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com