Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/07/2013, 14:37 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.com - Dalam pagelaran busana Pret-a-Porter  (Ready to Wear) Fashion Week di Paris baru-baru ini, desainer Thom Browne membuat kejutan dengan koleksi busana nyentrik untuk para pilot dan prajurit. Ada jubah-jubah panjang tapi tanpa lengan.

Tidak hanya menjadikan busana untuk para penerbang menjadi lebih modis dan mencolok, Thom Browne melengkapinya dengan tambahan topi dan olesan lipstik merah menyala. Sekilas para model pria lalu tampak seperti perempuan.

Pakaian yang biasa dikenakan para penerbang dan prajurit bisa jadi inspirasi yang muncul di benak Thom dalam rancangannya kali ini. Ia membuat potongan yang lebih modis dengan jubah panjang, tapi tanpa lengan. Atau penempatan aksesori yang dekoratif di bagian ujung dan bagian tertentu.

Koleksi busana pria bertema aviator dan army ini disiapan untuk Spring/Summer 2014. Seperti halnya pesawat, kreativitas Thom turut melambung tinggi hingga ke langit.

Pakem pakaian militer seperti jas, atau boots masih ia terapkan, namun dengan sentuhan yang berbeda. Misalnya di koleksi pertama yang warnanya merah menyala, ia membuat jubah yang panjang hingga ke lantai atau sepanjang lutut tapi tanpa lengan. Sehingga otot bisep dan trisep yang kencang jadi lebih kelihatan menonjol.

Sebagai aksesori ia membuat para model berjalan dengan kacamata khas para pilot, topi, serta sarung tangan warna putih. Bagian dalam jubah, berlapis kemeja dan blazer serta dasi.

Di koleksi lainnya, ada jubah warna hitam yang dipadu dengan celana warna putih. Sulaman tanda jangkar yang identik dengan angkatan laut dibuat di sisi kanan bawah celana.

Ada juga koleksi lain warna abu-abu yang diberi kantong di sisi atas dan bawah. Jubah dengan badge di bagian pundak dibuat memanjang hingga ke mata kaki. Dari semua koleksinya, Thom memberi ciri khas yang selalu ada di bagian mata kaki atau ujung sepatu boots, seperti sedikit kain atau renda putih.

Ini bukan kali pertama buat Thom menampilkan sisi kreatifnya untuk koleksi busana pria. Sebelumnya ia juga pernah mengerluarkan koleksi yang beragam dari kemeja, sweater, dasi, hingga aksesori.

Busana khas para penerbang ini bisa jadi inspirasi buat para pilot dan kapten. Setidaknya untuk para pramugaranya. Siapa tahu tertarik untuk tampil lebih modis. Jika tidak, bisa untuk pesta kostum dengan tema aviator. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com