Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2013, 07:51 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Dalam rangkaian acara Ramadhan Runway di Kota Kasablanka, Jakarta, tujuh desainer APPMI (Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia) memamerkan koleksi busana muslim yang disiapkan untuk menyambut Lebaran.

Di Main Atrium Kota Kasablanka, Sabtu (27/7/2013) lalu tersebut, hadir Tuty Adib, Ria Miranda, Jeny Tjahyawati, Misla, Zoya, Nuniek Mawardi, dan Malik Moestaram. Tujuh desainer ini masing-masing mempertontonkan lima busana rancangan, yang mayoritas terdiri atas gamis panjang, blazer, serta dominasi warna-warna pastel.

Contoh saja, seperti rancangan yang dihadirkan Tuty Adib, yang memadukan warna-warna lembut dan terang, untuk koleksi gamis, rok, celana, juga cardigan, dengan konsep padu padan. Material yang digunakan seperti chiffon, taffeta, dan brokat, sehingga berkesan chic, fresh, dan ringan. Brokat juga menjadi material yang kebanyakan digunakan oleh desainer lainnya.

Lain halnya dengan koleksi Zoya, yang menekankan busana muslim yang modern, classy, dan elegan. Gaya long coat dipadukan dengan gaun dengan siluet yang simpel, sehingga menambahkan kesan modern untuk keseluruhan penampilan. Bahan jacquard dalam tone warna lembut mendominasi keseluruhan koleksi.

Secara keseluruhan, terlihat perubahan perkembangan dalam berbusana muslim setiap tahunnya. Tak ada lagi kesan konservatif yang selama ini melekat pada busana muslim. Itu semua ditunjukkan oleh para desainer tersebut, yang menghilangkan kesan bahwa busana muslim identik dengan gaya konservatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com