Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2013, 13:38 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com - Apa yang sebaiknya dilakukan untuk memiliki karier yang langgeng? Apakah cukup bermodalkan bekerja dengan passion?

Saran yang paling umum dilontarkan saat bicara karier adalah bekerjalah dengan passion sebagai penggeraknya. Banyak buku pengembangan diri yang mengulas pentingnya peran passion dalam karier, pelatihan karier pun selalu menyebut passion sebagai kunci utama dalam kesuksesan seseorang. Konfusius pun menyatakan, "Pilih pekerjaan yang Anda cintai dan Anda tidak akan pernah merasa bekerja sepanjang hidup Anda."

Meski passion punya peran penting dalam kesuksesan karier, menurut Monique Valcour, profesor manajemen di EDHEC Business School di Perancis, yang menghabiskan 15 tahun meneliti karier, bicara kelanggengan karier tak cukup sebatas mengandalkan passion.

"Karier yang berkelanjutan dibangun berdasarkan kemampuan untuk menunjukkan bahwa Anda mampu mengisi kebutuhan yang seseorang bersedia membayar untuknya," tulis Valcour di blog Harvard Business Review.

Menurutnya, industri yang kerap menggunakan pernyataan "ikuti passion-mu" melupakan poin penting dalam karier. Yakni bahwa seberapa besar pun passion Anda takkan berguna jika tak punya kemampuan untuk menggaet "pembeli" dengan passion tersebut.

Jadi, seperti apa sebenarnya karier yang berkelanjutan tersebut? Valcour memberikan gambarannya.

Dari tahun ke tahun, Anda bekerja untuk menunjukkan performa dengan menggunakan seluruh kemampuan dan mampu mengatasi berbagai tantangan. Anda bekerja bukan untuk kepentingan pribadi, namun untuk memberikan arti. Anda juga menikmati kesempatan untuk belajar dan berkembang. Anda bekerja bersama orang-orang yang membuat Anda terus merasa bersemangat. Anda juga percaya diri bahwa kemampuan dan kompetensi Anda membuat Anda menjadi lebih bernilai dan punya daya jual sehingga Anda bisa meraih banyak kesempatan memaksimalkan jaringan yang Anda miliki. Anda juga bisa menyeimbangkan pekerjaan dengan hal lain dalam hidup yang tak kalah pentingnya, seperti keluarga, teman, dan kesenangan pribadi.

Inilah kesenangan dalam bekerja versi Valcour yang membuat karier seseorang langgeng. Menurut Valcour masih banyak lagi kesenangan bekerja yang bisa ditemukan, lebih dari sekadar mengikut passion, demi memiliki karier yang berkelanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com