Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2013, 10:16 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Kebutuhan protein pada orang dewasa adalah sebesar 60 gram per hari. Kebutuhan ini wajib dipenuhi agar metabolisme tubuh terjaga dengan baik.

Menurut Rossy Waworuntu, Senior Manager of Corporate Affairs Amway Indonesia, setidaknya dibutuhkan 20 gram protein untuk sarapan agar Anda mendapatkan energi yang baik untuk beraktivitas di siang harinya. Sarapan berprotein ini baik dikonsumsi pada pukul 07.00 – 08.00 selama 15 menit.

“Orang yang kekurangan protein akan mengalami kekurangan energi, dan mereka akan mengalami kelemahan otot serta menurunnya sistem kekebalan tubuh. Protein berkualitas tinggi merupakan sumber asam amino,” ujarnya saat acara "Fun for Health with Nutrilite All Plant" di Amway Experience Center, Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (30/7/2013) lalu.

Protein bisa didapat dari sumber hewani dan nabati. Tetapi, takarannya tentu harus sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jika protein hewani, Anda harus cermat agar tidak mengonsumsinya berlebihan, karena protein hewani juga bisa mengandung kolesterol. Sedangkan, protein nabati harus disesuaikan dengan asupan sayuran, buah-buahan, dan lauk-pauknya.

Berawal dari kebutuhan tersebut, Amway Indonesia memperkenalkan Nutrilite All Plant Protein Powder yang mengandung lebih banyak protein nabati.

“Bahan baku yang digunakan adalah kacang kedelai, gandum, dan kacang polong. Kandungan ini menyediakan kombinasi yang tepat dari protein dan asam amino untuk menjaga kesehatan serta memberikan energi, tanpa produk hewani atau efek samping dari susu,” tuturnya menjelaskan.

Baik protein nabati maupun hewani tidak hanya memberikan energi bagi tubuh, tetapi juga memberikan rasa kenyang lebih lama.

“Kebanyakan orang Indonesia lebih banyak mengonsumsi karbohidrat daripada protein yang cukup. Itu sebabnya banyak dari mereka yang tidak berenergi sesuai kebutuhan. Lebih cepat lapar, dan lelah,” ia menambahkan.

Nutrilite sendiri menurut Rossy bisa dikonsumsi oleh bayi mulai usia satu tahun. Penggunaannya bisa dicampurkan pada semua jenis makanan tanpa menghilangkan rasa asli makanan tersebut.

“Bentuknya yang powder mudah larut pada makanan apa pun,” tandasnya.

Nah, sudahkah cukup protein yang Anda konsumsi tiap harinya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com