Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Kartu Kredit atau Uang Tunai Saat Mudik?

Kompas.com - 02/08/2013, 15:25 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com - Bersiap mudik atau liburan Lebaran? Jangan lupa merencanakan keuangan atau pengeluaran selama melakukan perjalanan ke kampung halaman mau pun liburan memanfaatkan momen Lebaran.

Satu hal yang perlu direncanakan adalah kapan Anda menggunakan uang tunai dan kartu kredit atau kartu debet saat dalam perjalanan dan setelah sampai di tujuan.

Dalam siaran persnya, Johanes, Senior Vice President, Head of Liabilities & E-Channel
Commonwealth Bank Indonesia mengungkapkan sebaiknya Anda selalu membawa uang tunai saat dalam perjalanan mudik.

Pasalnya, tidak di setiap tempat terdapat fasilitas ATM atau bisa menggunakan kartu kredit. Belum lagi kebiasaan sebagian orang atau di beberapa daerah, untuk membagi-bagikan uang kepada anak-anak yang masih kecil/saudara-saudara yang lebih muda. Anda membutuhkan uang tunai untuk menjalani kebiasaan ini.

Meski begitu, kartu kredit tetap diperlukan untuk berjaga-jaga jika ada keperluan mendesak. Misalnya saat anggota keluarga harus masuk rumah sakit saat mudik, kartu kredit dapat menalangi biayanya terlebih dahulu. Namun pastikan Anda dapat mengelola biaya tagihan setelahnya. Akan lebih baik jika Anda segera melunasi begitu tagihan tiba.

Nah, jika Anda berencana liburan Lebaran ke luar negeri, sebaiknya hindari membawa uang tunai dalam jumlah besar. Akan lebih praktis jika Anda menggunakan kartu kredit atau kartu debit.

Jika Anda menggunakan kartu debit di luar negeri, pastikan kartu tersebut diterima/digunakan di tempat tujuan berlibur. Sementara bila memakai kartu kredit di luar negeri, satu hal yang pasti adalah kurs Rupiah yang dikenakan pada tagihan kartu kredit Anda biasanya akan jauh lebih tinggi dari kurs pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com