Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/08/2013, 12:10 WIB
KOMPAS.com - Setiap orang tentu memiliki kenangan buruk. Ada kenangan buruk yang baik untuk diterima, ada pula kenangan buruk yang sebaiknya disingkirkan dan dilupakan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manusia memiliki memori selektif dan dapat menghapus kenangan buruk. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Lund di Swedia, menggunakan scan EEG untuk memantau bagian otak yang menjadi aktif ketika seorang relawan mencoba untuk melupakan sesuatu. Manusia sebenarnya dapat mengetahui saat yang tepat menghapus kenangan buruk secara permanen.

Menurut para peneliti, menguasai teknik ini dapat berguna bagi orang yang menderita depresi atau gangguan stres pascatrauma. Kondisi di mana ada kenangan traumatis yang akan terus tinggal di dalam memori, sehingga memiliki efek buruk pada kesehatan mental. Dalam penelitian ini, para relawan dilatih melupakan informasi netral dalam lingkungan laboratorium terkendali. Pelatihan ini untuk melupakan peristiwa traumatis yang lebih kompleks.

Cara yang paling efektif sebenarnya adalah memanfaatkan keadaan dengan menekan kenangan buruk yang terjadi, sehingga kita dapat lupa sedikit demi sedikit. Jika kenangan berhasil ditekan ke arah positif, alhasil Anda akan benar-benar mampu melupakan kenangan tersebut.

Lantas apa yang sebaiknya dilakukan jika Anda merasa terjebak dengan kenangan? Berikut tujuh cara yang bisa Anda lakukan.

1. Kertas dan pena. Tuliskan sesuatu yang Anda cintai tentang keluarga, sahabat, kekasih, dan diri Anda sendiri. Tuliskan apa yang Anda syukuri dengan kehadiran mereka. Tuliskan setiap hal baik yang selalu mereka lakukan untuk Anda. Selain bisa membantu mengalihkan pikiran, Anda juga bisa memberikan tulisan tersebut saat mereka berulang tahun.

2. Cari hiburan. Bingung cari hiburan di mana? Kunjungi saja You Tube. Percayalah viceoweb yang satu ini takkan pernah membuat Anda gagal tertawa. Semua jenis lelucon dan berbagai hal konyol bisa Anda temukan di sini.

3. Memasak. Makanan lezat akan membuat perut kenyang, hati senang. Akan lebih menyenangkan jika Anda membuat masakan sendiri. Usaha akan terbayar lunas ketika Anda menikmati betapa lezatnya makanan yang Anda buat. Apalagi jika ada orang lain yang ikut menikmati masakan Anda.

4. Tuntaskan proyek. Masih ada proyek penting di kantor yang belum diselesaikan? Segera kerjakan dan tuntaskan. Pekerjaan kantor memang melelahkan namun dengan cara ini akan menjadi obat ampuh untuk melepaskan pikiran Anda dari kenangan buruk. Selain itu, bisa jadi Anda akan mendapatkan apresiasi lebih dari atasan karena menyelesaikan tugas sebelum tenggat waktu.

5. Berbagi dengan peliharaan. Umumnya hewan peliharaan mampu membantu melepaskan rasa stres sang pemiliknya. Meskipun tak bisa bicara, tapi hewan tersebut seakan bisa mendengar dan mengerti apa yang dirasakan pemiliknya. Jadi, saat kenangan buruk datang, bermainlah dengan hewan peliharaan Anda.

6. Kreasi foto. Kumpulkan foto-foto lucu dan konyol bersama teman-teman Anda. Kreasikan menjadi sebuah scrapbook atau rangkai dalam sebuah frame. Anda pasti akan senang melihat hasilnya. Pajang di meja kerja dan Anda takkan berhenti tersenyum melihatnya.

7. Menari dan menyanyi. Pasang lagu favorit, bernyanyi dan menarilah dengan bebas di dalam kamar. Atau ajak teman-teman karaoke bersama. Dijamin setelah itu, hati akan terasa lebih tenang, lega, dan bahagia.

(Majalah Chic/Bestari Kumala Dewi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com