Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2013, 11:07 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber idiva

KOMPAS.com – Anda pasti sudah mendengar bahwa proses regenerasi kulit terjadi pada malam hari, saat Anda sedang tidur. Berapa pun usia Anda, perawatan yang tepat diperlukan untuk memastikan bahwa kulit tetap bersinar dan segar. Nah, inilah rutinitas yang Anda perlukan menjelang tidur malam:

Make-up remover. Karena Anda memakai make-up sepanjang hari, pastikan Anda menghapus make-up dengan cermat setelah sampai di rumah. Menggunakan pembersih wajah saja tidak cukup. Sebaiknya, hapus riasan wajah dengan make-up remover, yang juga membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit Anda. Gunakan bola kapas yang sudah dibasahi dengan make-up remover, lalu tepuk lembut pada wajah dan leher.

Pembersih wajah. Setelah menghapus riasan menggunakan make-up remover, gunakan pembersih wajah yang lembut untuk membersihkan wajah. Pijat lembut wajah yang telah dibauri facial cleanser, lalu cuci wajah dengan air hangat. Air hangat akan membuka pori-pori untuk memungkinkan kotoran dan bakteri keluar.

Scrubbing. Meskipun scrubbing tidak diperlukan setiap hari, namun dapat mengusir komedo yang membuat kulit wajah tampak kusam. Pilih scrub yang cocok untuk kulit Anda. Pastikan juga Anda tidak melakukannya lebih dari dua kali seminggu, jika Anda tidak ingin kulit menjadi kasar dan kering.

Krim mata. Karena tidak ada kelenjar minyak di sekitar mata, gunakan krim mata di sekitar wilayah mata untuk membantu memberikan kelembaban pada kulit mata. Krim mata juga bermanfaat untuk mengurangi bengkak serta lingkaran hitam di bawah mata. Mulailah dengan mengoleskan beberapa tetes krim mata, dan kemudian pijat lembut di sekitarnya.

Bibir. Cuci bibir dengan cara menepuk-nepuknya dengan kain halus yang sudah dibasahi dengan air hangat. Jangan menggosoknya terlalu keras. Kain yang dioleskan ke bibir berfungsi untuk melunakkan kulit kering dan mati yang ada di sekitar bibir. Lalu, oleskan lip balm untuk melembutkan dan menyembuhkan bibir pecah-pecah Anda.

Pelembab. Menggunakan pelembab sangat penting sebelum Anda tidur di malam hari. Pelembab organik merupakan pilihan yang baik, karena akan membantu menghapus sel-sel kulit mati, menenangkan dan meremajakan kulit, memelihara kulit dengan vitamin, dan juga menjaga keseimbangan pH kulit Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber idiva
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com