Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2013, 08:16 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Banyak orang bilang meditasi sebaiknya dilakukan di alam terbuka ataudi ruangan yang tenang. Padahal, meditasi dapat Anda lakukan dimana saja, bahkan saat Anda sedang shopping. Benarkah?

Percaya atau tidak, melakukan meditasi saat berbelanja memungkinkan Anda untuk berkonsentrasi pada satu tujuan yang Anda inginkan. Misalnya, mengubah keinginan berbelanja pada hal yang prioritas saja.

Madonna Gaulding, penulis buku The Meditation Bible, memberikan cara yang mudah agar Anda dapat melakukan meditasi saat berbelanja. Berikut langkah-langkahnya:

* Pergilah ke pusat perbelanjaan sendirian tanpa uang atau kartu kredit. Kunjungan ini hanya untuk meditasi saja.

* Setelah itu, berjalanlah menyusuri deretan toko-toko dan perhatikan barang-barang yang Anda inginkan. Tanyakan kepada diri sendiri mengapa Anda menginginkan barang itu. Apakah Anda pikir itu akan membuat Anda merasa lebih baik tentang diri Anda, lebih seksi, atau lebih menarik? Jika Anda membeli dan memakainya, pikiran dan pandangan seperti apa yang akan Anda dapatkan dari orang lain?

* Kemudian, ingat kembali kapan terakhir kali Anda membeli sesuatu yang rasanya harus Anda miliki. Bagaimana perasaan Anda pada barang-barang itu sekarang? Apakah dapat memberikan semua yang Anda harapkan? Atau tersimpan begitu saja di dalam lemari pakaian Anda?

* Renungkan bahwa semua materi yang Anda beli tidak dapat diandalkan dan hanya akan menjadi barang yang terbuang begitu saja. Barang itu tidak pernah dapat memberikan Anda kebahagiaan sejati, atau menyembuhkan perasaan rendah diri atau kesepian.

* Yang terakhir, mulailah untuk menilai segala sesuatu yang Anda ingin beli dengan cara ini. Pastikan Anda membeli barang yang benar-benar Anda butuhkan dan prioritas, jangan hanya membeli berdasarkan keinginan nafsu semata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com