Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2013, 13:34 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.com - Usia mungkin memang hanya sebatas angka. Namun, banyak yang beranggapan masa muda adalah masa bahagia. Ketika beranjak tua, dengan kerut dan keriput yang menghiasi wajah, kebahagiaan kita pasti berkurang.

Anggapan itu terbantahkan, ketika sebuah studi menemukan bahwa seseorang menemukan kebahagiaan justru ketika di usia lanjut. Survei tersebut melibatkan 340.000 orang dengan metode wawancara via telepon. Jawaban terbanyak, mereka yang di atas usia 50 tahun mulai merasakan menemukan arti kebahagiaan. Puncaknya di usia 85 tahun, ketika mereka lebih nyaman dengan diri sendiri dan merasa mampu menikmati hidup.

Menariknya, survei tersebut malah menemukan kalau kebahagiaan menurun justru di usia 18 hingga 50 tahun. Dr Arthur A. Stone, profesor psikologi dari State University of New York di Stony Brook, mengungkapkan beberapa hal yang membuat orang menjadi lebih bahagia di usia lanjutnya.

"Bisa jadi karena perubahan lingkungan sekitar dan psikologi dalam diri masing-masing, terutama akan cara pandang mereka terhadap dunia, sehingga membuat mereka lebih berbahagia," ujarnya.

Survei via telepon ini melibatkan partisipan yang berusia dari 18 - 85 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang di usia 18 tahun merasa penuh vitalitas, lalu menurun sampai usia 50 tahun. Makin bertambah usia, mereka merasa makin bahagia. Di usia 85 tahun, mereka nyaman dengan diri mereka sendiri.

Hasil survei yang sama juga pernah dilakukan oleh University of Warwick, Inggris. Peneliti menemukan tingkat kebahagiaan seseorang bisa digambarkan dalam kurva berbentuk U, dengan titik terendah di usia 45 tahun, lalu meningkat lagi setelahnya.

Tetapi apa sebenarnya yang membuat orang-orang ini bahagia?

Ada tujuh penyebabnya, yakni mereka makin menghargai lebih dalam arti hidup dan kehidupan, merasa cukup dan berkecukupan, kemampuan yang besar untuk memahami persoalan dan mengatasinya, makin sedikit ekspektasi untuk hal-hal besar, mampu menjalani apa yang ada saat ini tanpa khawatir akan masa depan, bijak bahwa tidak mungkin menyenangkan semua pihak, serta melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang positif.

Bagaimana dengan Anda, sudah menemukan kebahagiaan? Mungkin bisa mencoba menerapkan tujuh hal di atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com