Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2013, 20:25 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Kelebihan berat badan tidak hanya memengaruhi kesehatan tubuh, tetapi juga pada urusan pekerjaan. Tidak peduli seberapa hebat diri Anda dalam menangani tugas-tugas, jika Anda mengalami obesitas maka posisi yang Anda incar tidak akan Anda dapatkan.

Berdasarkan sebuah penelitian baru dari Bowling Green State University, Ohio, perusahaan cenderung akan bersikap diskriminatif terhadap calon pekerja begitu mengetahui ukuran tubuh mereka. Kemungkinan orang obes untuk diterima bekerja setelah melakukan wawancara kerja langsung hanya sebesar 27 persen.

Peneliti juga melakukan percobaan yang sama lewat wawancara kerja melalui telepon, dan tidak menemukan perbedaan mengenai hasilnya jika calon pekerja memiliki berat badan yang berlebih.

Jacob Burmeister, salah satu penulis studi ini, mengatakan bahwa perusahaan menolak calon pekerja yang memiliki kelebihan berat badan karena mereka dianggap sebagai orang yang malas atau tidak disiplin. Namun, ada kemungkinan orang yang obes juga kurang percaya diri sehingga tidak mampu menunjukkan yang terbaik saat wawancara.

Setelah menghadiri 160 wawancara kerja, Louisa Verth mengaku tidak satu pun tawaran pekerjaan menghampirinya. Dan ia pun mulai khawatir bahwa ukuran tubuhnya yang menyebabkan hal tersebut.

Louisa pernah melamar posisi pekerjaan yang tugas-tugasnya sama dengan pekerjaan yang pernah dia lakukan di masa lalu, namun tidak diterima. “Itu artinya saya berkualitas baik untuk posisi pekerjaan tersebut, karena saya sudah berpengalaman,” ujar pengacara yang punya ukuran baju 22 itu.

Saat itu, salah seorang staf wanita dari departemen sumber daya manusia perusahaan yang ia lamar menghampirinya, dan berbicara padanya selama sekitar 10 menit. Namun, staf itu sama sekali tidak menanyakan mengenai pengalaman kerja atau keahliannya. Menanyakan namanya pun tidak. 

"Waktu ia bilang bahwa saya tidak akan mendapat kesempatan untuk wawancara selanjutnya, saya bertanya alasannya. Ia bilang, 'Para partner (dalam firma hukum tersebut) tidak menyukai Anda',” katanya menirukan.

Sejak kehilangan pekerjaannya pada 2010, Louisa mengatakan bahwa berat badannya membayang-bayangi setiap upayanya dalam meraih posisi yang baru. Dari 350 lamaran kerja yang dikirimnya, ia hanya mendapat 125 undangan wawancara. Dan, tak satu pun posisi kerja yang diterimanya.

"Yang menyedihkan, meskipun saya terlihat cantik dalam foto saya, tapi karyawan perusahaan itu tampaknya tidak bisa menerima diri saya yang sebenarnya," katanya pilu....

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com